Disdik Palu Persiapkan Protokol Pembelajaran Tatap Muka Ditengah Pandemi Covid-19

oleh -
Ansyar Sutiadi

PALU, Kabar Selebes – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palu menyatakan sedang memproses finalisasi draft Standar Operasional Prosedur (SOP) pendidikan tatap muka ditengah pandemi covid-19 untuk Sekolah di  Kota Palu.

SOP ini merupakan persiapan menanggapi terkait pembukaan sekolah diluar Zona Hijau Covid-19 oleh kementerian pendidikan, yang dimana kota Palu saat ini masuk dalam Zona Kuning.

Ansyar Sutiadi selaku kepala Dinas Pendidikan Kota Palu saat dikonfirmasi Rabu (12/8/2020) menyatakan, ada beberapa draft yang akan diatur pada proses pembukaan sekolah.

Draft itu antara lain kata dia adalah, Protokol umum disekolah, Protokol pulang dan kembali sekolah, Protokol peserta didik selama di sekolah, dan Protokol guru dan tenaga kependidikan di sekolah.

“Ada 3 komponen pelaku utama dalam protokol tersebut, Disdikbud, Sekolah, Peserta didik dan orang tua peserta didik,” ungkapnya.

Secara teknis kata dia, penerapannya di sekolah tetap sesuai dengan protokol kesehatan covid-19.

“Diantarannya menggunakan sistem Shift sebagai bentuk jaga jarak sesuai protokol covid-19,” ungkapnya.

Meski demikian, untuk pembukaan sekolah sendiri pihaknya masih menunggu keputusan dari Gubernur Sulawesi Tengah perihal revisi SKB 4 Menteri yang membolehkan pembelajaran tatap muka di zona kuning

“Sehingga saat ini masih berlaku Surat Edaran Gubernur terkait pembelajaran jarak jauh, atau belajar dari rumah,” kata dia.

Demikian sementara menunggu edaran, pihaknya besok ( 13/8/2020) bersama elemen pendidikan di Sulawesi Tengah, akan mengadakan rapat virtual untuk membahas rencana pembelajaran tatap muka di Sekolah. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 49 times, 1 visits today)