Wabup Morowali Beri Dukungan Penolakan Eksploitasi Tambang PT. GIU

oleh -
Wabup Kabupaten Morowali, Najamudin saat menandatangani spanduk penolakan rencana eksploitasi tambang yang akan dilakukan PT. GIU. (Foto : Ist)

MOROWALI, Kabar Selebes – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Morowali, Najamudin memberi dukungannya terhadap warga yang melakukan penolakan terhadap rencana eksploitasi tambang batuan PT. Graha Istika Utama (GIU) di Desa Tudua dan Puungkoilu, Kecamatan Bungku Tengah, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dukungan itu, dibuktikan dengan penandatanganan spanduk bertuliskan 1.000 tandatangan masyarakat Tudua menolak tambang PT. GIU yang dilakukan Wabup Najamudin di depan Kantor Desa Tudua pada Selasa (11/8/2020).

Najamudin yang merupakan mantan Kakandepag Morowali dan Poso itu, juga menyempatkan dirinya untuk meninjau secara langsung lokasi perkebunan warga yang masuk dalam kawasan Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT. GIU.

Dasar penolakan yang dilakukan oleh warga dengan beberapa pertimbangan, diantaranya lokasi IUP galian batuan PT. GIU sudah masuk wilayah pertanian dan perkebunan warga Desa Tudua.

Selain itu, aktivitas pertambangan PT GIU dikhawatirkan dapat mengganggu sumber air bersih di Desa Tudua.

Dengan tegas, Najamudin mengaku menolak rencana eksploitasi pertambangan PT. GIU di Desa Tudua dan Puungkoilu, Kecamatan Bungku Tengah tersebut.

Ia juga menyatakan sikap tegasnya untuk membantu masyarakat dalam memperjuangkan hak-hak tani.

“Dukungan penolakan eksploitasi tambang yang rencananya akan dilakukan PT. GIU tersebut akan dibawa saat dilakukannya Analisis Dampak Lingkungan (Amdal),” tegas Najamudin. (ahl/rlm/fma)

Laporan : Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 42 times, 1 visits today)