Pejabat Eselon III dan IV di Parimo Diwarning, Wajib Penuhi Hal Ini

Kepala BKPSDM Kabupaten Parimo, Ahmad Syaiful.

PARIMO, Kabar Selebes – Pejabat Eselon III dan IV dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parimo diwarning.

Apabila dianggap tidak memenuhi kualifikasi pendidikan Strata Satu (S1), jabatannya akan terancam hilang di 2022 mendatang.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Parimo, Ahmad Syaiful di ruang kerjanya, Jumat (14/8/2020).

Syaiful menyebutkan, pejabat Eselon III dan IV yang belum memenuhi kualifikasi pendidikan S1 tercatat sebanyak 40 orang.

40 pejabat Eselon III dan IV tersebut kata dia, merupakan sisa dari 70 orang yang sebelumnya telah mengikuti ujian dinas tingkat satu, sehingga mengalami pengurangan.

“Sesuai aturan mewajibkan pejabat Eselon III dan IV harus memenuhi kualifikasi pendidikan S1 sejak dikeluarkan pada tahun 2017. Waktu yang diberikan pun hanya selama lima tahun, terhitung sejak dikeluarkannya aturan tersebut,” ujarnya.

Lanjut Syaiful menjelaskan, dampak dari hal itu, pada saat diberikannya promosi jabatan kepada Eselon III dan IV, yang bersangkutan akan terkendala dengan aturan ketika dilakukan pelantikan.

Tak tanggung-tanggung, ia juga berencana akan memberikan masukan kepada Bupati Parimo untuk tidak melantik pejabat Eselon III dan IV jika terkendala dengan aturan tersebut.

Hanya saja, pihaknya telah melakukan upaya antisipasi, dan saat ini beberapa pejabat Eselon III dan IV telah memenuhi aturan yang diberlakukan oleh pemerintah pusat tersebut.

“Beberapa waktu lalu, kami menyelenggarakan ujian penyesuaian yang diikuti sebanyak 400 orang dari beberapa wilayah, diantaranya Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Parimo, dan Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat,” tandasnya. (rlm/fma)

Laporan : Roy L. Mardani

Silakan komentar Anda Disini….