Potong Mata Rantai Harga Jual, DTPH Sulteng Gelar Pasar Tani

Suasana Pasar murah tani yang digelar di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (17/8/2020). (Foto: Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar pasar murah produk pertanian (Pasar Tani) bertepatan pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng, Ir. Trie Iriany Lamakampali, MM mengatakan, pasar tani adalah salah cara memotong mata rantai harga jual yang dianggap selama ini tidak dinikmati sepenuhnya oleh para petani.

“Makanya dengan adanya  pasar tani ini mereka (Petani: red) langsung menjual hasil pertanian mereka tanpa perantara dengan pedagang,” ujarnya saat dikonfirmasi Senin (17/8/2020).

Pihaknya mengatakan ketika para petani menjual produk di pasar tani, otomatis harga yang diterima juga layak, serta konsumen menerima dengan harga yang wajar pula.

Selain itu, Ia  juga mengungkapkan, diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk membangun kepercayaan diri para petani dalam menghadapi  pandemi Covid-19.

Demikian ia menyatakan dalam keadaan normal maupun tidak normal, pertanian sangat penting dan ketahanan pangan tetap nomor satu bagi negara.

“Ini yang sebetulnya memotivasi bagi para petani dalam hal memasarkan hasil pertanian agar tidak terpuruk, pemerintah akan selalu mensuport kalian (Petani: red),” pungkasnya. (rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….