KPU Sigi Sosialisasikan Syarat Pencalonan ke Parpol

Suasana sosialisasi syarat pencalonan kepada Parpol yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU Sigi, Senin (24/8/2020). (Foto : Istimewa)

SIGI, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi sosialisasikan syarat pencalonan ke Partai Politik (Parpol).

Sosialisasi syarat pencalonan tersebut dilaksanakan sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan ketiga PKPU Nomor 3 tahun 2017 dan Penggunaan Aplikasi Sistem Pencalonan atau Silon, Senin (24/08/2020).

Ketua KPU Sigi, Hairil dalam sambutannya menjelaskan, tahapan tersebut merupakan hal penting yang harus diketahui oleh Parpol pengusung maupun penduduk bakal pasangan calon pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati nantinya.

BACA JUGA :  KPU Sigi : Jumlah DPB untuk Periode Juli 2022  Sebanyak 172.291

“Agenda ini sangat penting, semua tata cara pencalonan akan kami sampaikan. Meskipun banyak pengurus partai yang tidak hadir.” ujarnya.

Hairil mengaku pihaknya tetap akan terbuka, jika ada parpol yang meminta data terkait syarat pencalonan yang telah disosialisasikan.

“Pada dasarnya, meski tidak hadir, ketika pimpinan Parpol membutuhkan materi, kami akan berikan. Karena kami sebagai penyelenggara bersifat memberikan pelayan,” Imbuhnya.

BACA JUGA :  KPU Sigi Sosialisasikan PKPU Tahapan dan Jadwal Pilkada Serentak

Tanwir Lamaming selaku Ketua KPU Sulteng turut hadir selaku pemateri dalam kegiatan tersebut menekankan dua hal dalam sambutannya yakni, meminta agar seluruh Parpol dan masyarakat berperan aktif dalam pendataan pemilih.

Sebab, daftar pemilih selalu menjadi permasalahan klasik dalam pelaksanaan Pemilu.

Selain itu, dalam proses pendaftaran yang akan dimulai pada 4-6 September mendatang.

Seluruhnya kata dia, akan menerapkan protokol kesehatan, sehingga hal itu, perlu menjadi perhatian serius yang tidak dapat dipisahkan dalam tahapan.

BACA JUGA :  KPU Sigi Tetapkan Calon Anggota PPS Terpilih 2020, Ini Daftarnya..

“Dalam setiap tahapan, protokol kesehatan akan menjadi bagian yang meletak. Sehingga hal-hal teknis menyangkut persoalan itu harus selalu diperhatikan,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari dan dihadiri sejumlah pimpinan Forkompimda itu, dilanjutkan dengan bimbingan teknis. (sob/rlm/fma)

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini….