Parimo Akan Suplai Tiga Sektor ke Ibu Kota Negara Baru di Kaltim

Bupati Kabupaten Parimo, Syamsurizal Tombolotutu saat memimpin langsung rapat bersama OPD yang membahas terkait wacana menyuplai tiga sektor, yang dilaksanakan di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Senin (24/8/2020). (Foto : doc Humas Pemkab Parimo)

PARIMO, Kabar Selebes – Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan menyuplai tiga sektor, yakni perikanan, pertanian, dan peternakan ke ibu kota negara yang baru di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal itu diungkapkan Bupati Kabupaten Parimo, Syamsurizal Tombolotutu saat memimpin secara langsung rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membahas terkait kegiatan tersebut, Senin (24/8/2020).

Syamsurizal menegaskan, Kepala OPD yang terlibat dalam kegiatan menyuplai tiga sektor tersebut, dalam kurun waktu sepekan harus menyiapkan data terkait hal itu.

BACA JUGA :  Gara-gara Tak Ada Sopir Ambulance, Pasien  RSUD Moutong Meninggal di Parigi

Khususnya, terkait volume dan muatan barang yang harus dibawah ke Provinsi Kaltim agar tetap selalu berkoordinasi terkait lalulintas penyebrangan barang yang akan disuplai.

“Saya berharap, Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) agar bertanggungjawab mengatasi pengurusan soal penyebrangan barang yang nantinya akan dikirim ke Kaltim,” ujarnya.

Ia mengatakan, ketiga sektor tersebut merupakan hal yang paling dibutuhkan saat ini di ibu kota negara yang baru, sehingga, OPD terkait agar selalu berkoordinasi dengan perusahaan di Provinsi Kaltim mengenai kebutuhan secara global, khususnya berapa banyak yang dibutuhkan.

BACA JUGA :  Masyarakat Kasimbar Salurkan 1,7 Ton Beras untuk Korban Banjir Parigi Selatan

Menurutnya, pentingnya membangun koordinasi terkait hal itu, agar Kabupaten Parimo dapat lebih dikenal lagi sebagai daerah penyangga ibu kota negara yang baru.

Ia juga menekankan, khusus sektor kelautan dan perikanan agar mempersiapkan kegiatan perdananya seperti Panen Raya Nasional, yang dilaksanakan pada Mei 2021 mendatang.

“Insya Allah, kita panen raya 1000 hektar untuk udang Vaname dan ini sudah menjadi program nasional,” tandasnya. (rkb/rlm)

BACA JUGA :  Didampingi Ustadz Das'at Latif, Ahmad Ali Lantik Pengurus DMI Parigi Moutong

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….