Tingkatkan Ketangguhan Masyarakat, YPI-CRS Bagikan Ribuan Poster Kesiapsiagaan Bencana di Donggala

Pemasangan poster kesiagaan terhadap bencana oleh Kepala BPBD Kabupaten Donggala Ir.Muh. Mursid Sanduan, pada salah satu rumah warga di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa (25/8/2020). (Foto: Istimewa)

DONGGALA, Kabar Selebes – Guna meningkatkan ketangguhan masyarakat terhadap bencana, Yayasan Pusaka Indonesia (YPI)- CRS membagikan ribuan poster kesiapsiagaan bencana kepada masyarakat di beberapa wilayah Kabupaten Donggala, Selasa (25/8/2020).

Adapun poster siaga banjir, siaga gempa, siaga longsor dan siaga tsunami yang dipasang kali ini ialah sebanyak 6.300 eksemplar, diantaranya tersebar di Desa Namo, Bolapapu, Salua, Tuva, Loli Tasiburi dan Kelurahan Kabonga Besar.

Koordinator Program YPI- CRS, Marjoko mengatakan, pendistribusian poster kesiapsiagaan bencana bertujuan untuk peningkatan kapasitas individu, keluarga, serta upaya penyelamatan dalam situasi bencana.

BACA JUGA :  Pertamina Salurkan Bantuan Paket Sembako dan Wastafel Portable di Donggala

Ia mengharapkan, pemasangan poster dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap upaya yang harus dilakukan pada situasi bencana yang mungkin terjadi.

“Setiap rumah mendapatkan pemahaman tentang tindakan-tindakan yang harus dilakukan sebelum terjadi, pada saat dan setelah terjadi bencana, sehingga dari tingkat individu dan keluarga telah memahami langkah-langkah konkrit yang harus dilakukan dalam menghadapi situasi bencana, sehingga kerugian terhadap hidup dan kehidupan dapat diminimalisir,” urainya.

Lebih lanjut diterangkan marjoko bahwa, pemasangan poster merupakan salah satu wujud arahan Presiden untuk melakukan edukasi kebencanaan secara berkala dan teratur kepada masyarakat, sebagaimana yang tertuang pada program Keluarga Tangguh Bencana (KATANA) yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia. 

BACA JUGA :  Kukuhkan Pokja Pencegahan Perkawinan Usia Anak, Wabup Donggala: Masih Terjadi di Daerah Terpencil

Gerakan KATANA tersendiri bertujuan agar setiap keluarga Indonesia berpengetahuan, sadar, hingga terbiasa untuk mengenali risiko bencana, mengurangi kejadian bencana, mengurangi korban dan kerugian di keluarganya sendiri, serta menularkan ketangguhan tersebut kepada keluarga lain.

Sementara itu Sekretaris BPBD Kabupaten Donggala Ir.Muh. Mursid Sanduan mewakili pemerintah kabupaten menyambut baik upaya yang dilakukan YPI dan CRS serta Kelompok PRB.

BACA JUGA :  Ada Anak Menderita Kusta dan Lumpuh tak Terurus di Donggala, Ahmad Ali Marah

Menurutnya, upaya yang dilakukan sudah membantu mengedukasi masyarakat dalam menghadapi bencana.

“Ini merupakan upaya mitigasi struktural dalam upaya kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana guna Pengurangan Resiko Bencana, masyarakat harus sudah siap dalam menghadapi situasi bencana,” ujarnya.

Tidak hanya poster bencana, YPI dan CRS bersama BPBD Donggala juga memasang rambu bencana di beberapa titik guna membantu masyarakat mendapatkan informasi yang akurat terkait kawasan bahaya, jalur evakuasi, serta titik kumpul bila terjadi bencana alam. (rkb/ap)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….