Pertumbuhan Ekonomi Daerah Sulawesi Tengah 2020 Tertinggi Ketiga Se- Indonesia

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, didampingi OPD terkait, mengikuti rapat terbatas secara virtual bersama presiden presiden RI Jokowidodo, Kabinet Indonesia Maju dan Seluruh Gubernur Se- Indonesia, Selasa (1/9/2020). (Foto: Dok. Humas Pemprov Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Daerah Sulawesi Tengah saat ini menempati urutan ke tiga dalam hal peertumbuhan ekonomi tertinggi daerah se- Indonesia. Sedangkan untuk pertumbuhan tertinggi daerah urutan pertama saat ini ditempati oleh Propinsi Papua, Kedua Papua Barat. Sementara itu pertumbuhan ekonomi daerah terendah ditempati oleh Propinsi Bali dan DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, pada saat rapat terbatas secara virtual bersama Wapres, Kabinet Indonesia Maju dan seluruh Gubernur Se- Indonesia secara Virtual Selasa, (1/9/2020), yang juga turut diikuti oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, didampingi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sulteng terkait.

Pada penyampaiannya Jokowi mengharapkan Gubernur dapat menyamakan persepsi dan langkah untuk melaksanakan penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi.

Dikatakannya setiap pemimpin daerah harus mengambil langkah strategis, dalam pengendaian Covid-19 dan pengendalian ekonomi di daerah.

“Tren menuju kenaikan Ekonomi nasional membaik dengan dimana saat ini penerimaan pajak sudah mulai naik, konsumsi rumah tangga sudah mulai naik demikian juga konsumsi domestik demikian juga ekspor kita sudah mulai naik,” terangnya.

Menurut Jokowi, salah satu cara menaikkan gairah perekonomian daerah yakni melalui percepatan belanja APBD. Ia menyatakan berdasarkan pemantauan keuangan setiap hari belanja barang dan jasa harus segera terealisasi .

Selain itu, Jokowi juga mengharapkan Gubernur dapat memperhatihan setiap perkembangan angka-angka perkembangan Covid-19, baik perkembangan penambahan penularan, tingkat kesembuhan dan juga kematian. 

“Karena saat ini muncul tren terbaru peningkatan kasus baru di negara negara Eropa, sehingga butuh keseriusan bersama didalam penanggulangan Covid-19, kondisi saat ini posisi Indonesia masih dalam posisi terkendali,” tambahnya.

Demikian presiden mengharapkan pertumbuhan ekonomi daerah harus menjadi perhatian agar terhindar dari resesi ekonomi serta terus meningkatkan disiplin masyarakat dalam hal pemakaian masker, cuci tangan dan jaga jarak. (*/ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini….