Sebelum Mendaftar, Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur Wajib Swab Test

Jumpa pers KPUD Sulawesi Tengah terkait persiapan pendaftaran bakal calon gubernur/wakil gubernur, Senin, 31 Agustus 2020. (Foto Patar)

PALU, Kabar Selebes – Seluruh bakal calon gubernur/wakil gubernur yang akan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Tengah wajib melakukan swab test sebelum mendaftar.

“Swab test harus dilakukan untuk memastikan seseorang bebas atau terpapar Covid-19. Bagi bakal calon yang positif tidak diperkenankan menghadiri pendaftaran dan bisa diwakili,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPUD Sulteng Sahran Raden, Senin di Pslu.

Menurut Sahran, meski seseorang bakal calon dinyatakan Covid-19, tidak akan menggugurkan hak politiknya.

Langkah itu dilakukan karena selama proses pendaftaran, KPU menerapkan protokol Covid-19.

Apalagi saat tes kesehatan nantinya pasti akan melakukan kontak dengan tim medis yang melajukan pemeriksaan.

KPUD Sulawesi Tengah membuka pendaftaran bakal calon gubernur/wakil gubernur mulai 4 sampai 6 September 2020 di Kantor KPU Jalan S Parman. Hari pertama dan kedua dimulai pukul 08:00 sampai 16:00 Wita. Sedangkan hari ketiga dibuka hingga pukul 24:00 Wita.

Bakal calon dilarang membawa rombongan saat mendaftar. Bakal calon hanya didampingi ketua dan sekretaris partai politik atau gabungan partai politik serta ketua dan sekretaris tim kampanye.

Untuk memudahkan akses, KPUD Sulteng akan menyiarkan secara langsung (live streaming) prosesi pendaftaran di media sosial resmi KPUD Sulteng melalui Facebook, Youtube dan Instagram. (ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini….