Golkar dan Hanura Resmi Usung Cudi-Ma’mun, Pilkada Sulteng Kembali Dipastikan Head to Head

. Kolase Rusdi Mastura(kiri) dan Hidayat Lamakarate(kanan).

PALU, Kabar Selebes – Partai Golongan Karya (Golkar) dan Hati Nurani Rakyat (Hanura) resmi mengusung Rusdi Mastura– Ma’mun Amir untuk maju pada pemilihan Kepala daerah Sulawesi Tengah tahun 2020.

Usungan itu dibuktikan dengan surat model B.1-KWK yang secara resmi dibacakan oleh masing-masing ketua DPD partai wilayah Sulteng pada saat deklarasi pasangan bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura-Ma’mun Amir di Sekertariat partai NasDem Sulawesi Tengah, Kamis (9/3/2020).

Surat dukungan untuk Cudi-Ma’mun oleh Golkar tertanggal 28 Agustus, dibacakan oleh Arus Abdul karim selaku ketua DPD Golkar Sulteng, sedangkan dukungan Hanura tertanggal 6 April, dibacakan langsung oleh Hadianto Rasyid selaku ketua DPD. Selain itu PPP dan PAN juga dikabarkan akan mengusung pasangan Cudi-Ma’mun setelah sebelumnya santer dikabarkan mendukung Anwar-Sigit.

Diketahui ada 45 kursi di DPRD Sulteng, sehingga syarat untuk maju pada kontestasi Pilgub Sulteng harus mendapat dukungan minimal 9 kursi. Olehnya, dipastikan pilkada Sulteng tahun 2020 akan “Head To head”, pasalnya hanya ada 2 pasangan bakal calon yang resmi mendapat usungan dengan jumlah 9 kursi di lembaga legislatif.

Pasangan itu ialah Hidayat- Bartho dengan mendapat dukungan 12 kursi dengan rincian partai Gerindra jumlah 6 kursi dan juga PDI-P 6 Kursi, dan pasangan Cudi-Ma’mun sudah resmi mengantongi total 26 kursi dukungan dengan rincian NasDem 7 kursi, Golkar 7, PKB 4, Hanura 2, Perindo 2 , dan PKS 4 Kursi.

Akan terdapat dua pasangan calon dipastikan mengulangi kejadian yang sama di pilkada Sulteng sebelumnya. Diketahui Pilkada tahun 2015 hanya terdapat dua bakal pasangan calon yakni Rusdi Mastura-Ihwan Datu Adam dan Longki Djanggola-Sudarto, dimana kontestasi dimenangkan oleh Longki Djanggola selaku petahana dengan total raihan 742.711 suara. (ap/fma)

Laporan : Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini….