Siagakan 200 Personel di KPU Palu, Kapolres Palu: Tak Terapkan Prokes Dibubarkan

Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal (kanan) bersama ketua KPU Palu Agus Salim (kiri), seusai rapat kordinasi terkait pengamanan pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Palu 2020, di Kantor KPU Palu, Jum'at (4/9/2020). (Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Hari pertama pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Palu yang akan dilaksanakan, Jumat (4/9/2020), Kepolisian Resor (Polres) Palu mengerahkan sebanyak 200 personil untuk melakukan pengamanan.

Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal, pada keterangannya mengimbau kepada bakal calon yang akan mendaftar agar mematuhi protokol kesehatan (Prokes) salah satunya memakai masker.

“Ketika ada bakal calon yang mendaftar ke KPU tidak menggunakan masker maka akan ditegur dan tidak diizinkan masuk ke lokasi pendaftaran,” ujarnya.

BACA JUGA :  Setelah PPP-PKS, Rahman Budding-Falsal Bantilan Incar Partai Demokrat di Pilkada Tolitoli

Hal itu kata dia bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona yang hingga kini belum usai.

Senada dengan itu, Ketua KPU Palu, Agus Salim mengatakan, apabila para calon membawa banyak massa dengan beriringan tentunya akan dibubarkan oleh pihak kepolisian dan memberikan tindakan tegas.

“Yang wajib mengantar bakal calon itu hanya  sekertaris atau pimpinan partai politik pengusung ditambah dengan tim kampanye terdiri dari ketua dan sekertaris,”ungkapnya

BACA JUGA :  Ada 30 Daerah di Indonesia Berpotensi Diikuti Calon Tunggal di Pilkada 2020

Hal itu katanya sebagaimana yang telah tertuang dalam peraturan P-KPU sebagai anjuran menerapkan protokol kesehatan ditengah Pandemi Covid-19.

Sementara di hari pertama pihaknya menyebut telah ada 1 pasangan yang melapor akan mendaftar yakni Hidayat dan Habsa Yanti Ponulele. (rkb/ap)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….