Polda Sulteng Kirim 6 Personilnya untuk Misi Perdamaian PBB

  • Bagikan
Beberapa personil terbaik Polda Sulteng berpose, sebelum diberangkatkan pada misi perdamaian PBB yang tergabung dalam Satuan Tugas Garbha II FPU 12 di Darfur, Sudan. (Foto : doc Humas Polda Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengirimkan enam personil terbaiknya untuk misi perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Darfur, Sudan.

Sebelum terpilih, keenam personil terbaik Polda Sulteng itu, mengikuti seleksi yang cukup ketat di Jakarta.

Keenam personil Polda Sulteng tersebut, tergabung dalam kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara (Garbha) II Formed Police Unit (FPU) 12 pada misi pemeliharaan perdamaian PBB United Nation African Union Hybrid Mission in Darfur (UNAMID).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Sulteng, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Didik Supranoto dalam rilisnya mengatakan, sesuai surat perintah Kapolri Nomor : Sprin/2126/VIII/KEP/2020 tertanggal 28 Agustus 2020, ada enam personil Polda Sulteng dari 140 personil Polri yang tergabung dalam kontingen Satuan Tugas Garbha II FPU 12 pada misi pemeliharaan perdamaian PBB UNAMID di Darfur, Sudan.

“Enam personil terbaik Polda Sulteng tersebut telah diberangkatkan ke Darfur pada hari Jumat (4/9/2020) dan akan melaksanakan tugas selama satu tahun, terhitung mulai tanggal 5 September 2020 sampai dengan 5 September 2021,” terang Didik, Sabtu (5/9/2020).

Ia menyebutkan, keenam personil Polda Sulteng itu, yakni Inspektur Polisi Satu (Iptu) Gimanto dari Satker Bidpropam, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Bakhdar dari satker Satbrimob, Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) Chandra Dunggio dari satker SPN, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Henry Krizmantho Polaka, SH dari Satker Satbrimob, Brigadir Aswar dari satker Satbrimob, dan Brigadir Muhamad Akbar Wiryandi dari satker Baditreskrimum.

Lanjut ia mengatakan, berdasarkan penyampaian Kapolri, Jenderal Idham Azis yang memimpin upacara pelepasan kontingen Satuan Tugas Garbha II untuk menjalankan misi perdamaian di wilayah konflik Afrika.

Selain FPU 12 UNAMID, ada pula Satuan Tugas Garbha II FPU 2 MINUSCA yang turut dilepas secara bersama-sama oleh Kapolri.

“Bendera Merah Putih dilengan kiri melambangkan negara, sehingga beban yang diemban tidaklah ringan,” kata Idham dalam upacara pelepasan Satuan Tugas Garbha II di Aula Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/9/2020) seperti yang tertuang dalam rilis, yang di teruskan ke Kabid Humas Polda Sulteng.

“Meski pengiriman personil Polri dalam misi perdamaian PBB bukan yang pertama kali, namun ini adalah salah satu prestasi dan kebanggan bagi Polda Sulteng karena bisa mengutus perwakilannya yang dipercaya oleh PBB sebagai pasukan perdamaian,” tandas Didik. (maf/rlm/fma)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan