Tiga Pasangan Bakal Calon Maju di Pilkada Poso 2020

Suasana kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Kabupaten Poso. (Foto: Istimewa)

POSO, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, telah menerima tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Poso yang mendaftar pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Poso tahun 2020.

Tiga pasangan bakal calon bupati Poso dan wakilnya yaitu, pasangan Verna Inkiriwang-Yasin Mangun, pasangan petahana Darmin Sigilipu-Amjad Lawasa dan Samsuri-Toni Sowolino.

Untuk diketahui, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati poso Verna-Inkiriwang, diusung oleh partai Demokrat, PAN, Hanura dan Perindro dengan memperoleh jumlah 8 kursi di DPRD Poso.

Selanjutnya, pasangan bakal calon petahana Darmin-Amjad Lawasa diusung lima partai yakni Golkar, Nasdem, Gerindra, PKS, PPP dan partai non parlemen PKPI dengan jumlah 17 kursi di DPRD Poso.

Adapun yang terakhir ialah pasangan melalui jalur perseorangan, Samsuri dan Toni Sowolino. Samsuri yang merupakan Wabup Poso dua periode bersama pasangannya, berhasil mengumpulkan dukungan melalui KTP dengan jumlah 16.411.

Sejak dibuka pendaftaran calon untuk maju pada pilkada Poso selama tiga hari (4-6 September 2020), KPU Poso telah menerima berkas syarat pendaftaran ketiga bakal calon.

Berkas yang diserahkan pasangan dinyatakan kelengkapan dokumennya oleh KPU, sehingga pendaftaran diterima dan ketiga bakal calon akan mengikuti tahapan selanjutnya.

Budiman Maliki ketua KPU Poso kepada wartawan, Senin (7/9/2020) mengatakan, sampai dengan berakhirnya masa pendaftaran, KPU Poso menyatakan hanya ada tiga Bapaslon yang diterima berkas pendaftarannya.

Menurut Budiman, setelah berkas tiga bapaslon diterima,  KPU Poso akan melanjutkan tahapan verifikasi administrasi berkas bersama tim verifikasi yang dibentuk oleh KPU Poso.

“Disamping itu, bersamaan saat ini ke tiga bapaslon yang ada, hari ini mulai melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit Undata kota Palu,” ucap Budiman. (rdn/ap/fma)

Laporan : Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini….