Ditangani IDI, Dua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Sigi Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Suasana pemeriksaan kesehatan Bapaslon Bupati dan Wakil bupati Pilkada Sigi 2020, di RSUD Undata Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (8/9/2020). (Foto: Istimewa)

SIGI, Kabar Selebes – Dua pasangan bakal calon Bupati dan wakil bupati Sigi tahun 2020, mulai melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata kota Palu .

Soeleman selaku Divisi teknis Komisi Pemilihan Umum kab. Sigi menyatakan, Pemeriksaan kesehatan sepenuhnya diserahkan kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai penanggung jawab.

“Sejak mendaftar kedua bapaslon sampai pemeriksaan kesehatan belum ada masalah apa-apa,” katanya kepada kabarselebes.id Selasa (8/9/2020).

Menurutnya, kedua Bapaslon melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Undata palu sebab disana peralatan yang memadai dan yang ditunjuk.

Selain itu, kata soeleman, pihaknya dan sejumlah lembaga/instansi terkait untuk sementara masih terus melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi kedua bapaslon.

“Waktu kami selama tujuh hari memeriksa dokumen mereka, “ujarnya.

Diterangkannya pihaknya melakukan verifikasi dokumen dengan kesepakatan tim yang dibentuk atas pedoman PKPU sebagaimana yang tertuang PKPU, 15/2019 tentang tahapan pilkada, PKPU 1/2020 perubahan ketiga atas PKPU NO 3/2017 tentang pencalonan Gubernur/Wkl Gubernur, Bupati/Wkl Bupati dan atau Walikota/Wkl Walikota serta PKPU 9/2020.

Sementara itu, Hairil. SH Ketua KPUD Sigi berharap, warga pemilih senantiasa menjaga kekompakan dalam mengawal jalanya pilkada damai di Kab. Sigi.

“Harapan kami selaku penyelenggara pilkada 2020 ini, berlangsung dalam suasana kekeluargaan yang aman dan damai,” tegasnya.

Ia juga berharap, masyarakat sigi memberi kepercayaan penuh kepada Penyelenggara pilkada di sigi sehingga dapat berjalan jujur dan adil.

Demikian ia berharap, warga pemilih tidak mudah diprovokasi serta menjadi pemilih yang berjiwa besar, mengedepankan persaudaraan daripada hal-hal yang membahayakan dan merugikan.

“Jaga persaudaraan kita, untuk pilkada damai dan adil, di kabupaten Sigi,” tandasnya. (msl/ap/fma)

Laporan : M. Syarif Latadano

Silakan komentar Anda Disini….