Jelang Pilkada Serentak 2020, Wagub Sulteng Tegaskan ASN Untuk Menjaga Netralitas

Rusli Baco Dg. Pallabi, Wakil Gubernur Sulteng

PALU, Kabar Selebes – Wakil gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusli Baco Dg. Pallabi menegaskan aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitasnya pada kontestasi Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang dihelat 9 Desember 2020 mendatang.

Ia menegaskan tidak main-main apabila ada ASN yang menyelewengkan status pada pilkada nanti.

“Apabila hal itu terjadi maka ASN tersebut akan diberikan sanksi tegas oleh Pemerintah,” tegas Rusli disela mengikuti gelar apel pasukan di Mapolda Sulteng, Senin (7/9/2020)

BACA JUGA :  Dinkes Sulteng Mulai Gelar Rapid Test Gratis untuk Ibu Hamil dan ASN

Kata Rusli, pihaknya selalu memberi peringatan agar ASN untuk menjaga netralitas pada setiap pemilihan kepala daerah, apalagi hal itu sudah diatur dalam undang-undang.

“Untuk itu, harus sangat berhati-hati, dikawal, dijaga, dan dipastikan kalau ASN di wilayah Sulteng  betul-betul menjaga netralitasnya,”ungkapnya.

Dikatakannya pengukuran netralitas pada ASN dibagi menjadi empat indikator yakni Indikator netralitas dalam karier ASN, netralitas dalam hubungan partai politik, netralitas pada kegiatan kampanye, dan netralitas dalam pelayanan publik.

BACA JUGA :  Kehadiran Hari Pertama Kerja 98 Persen, Pemkot Palu Apresiasi Kepatuhan ASN

Demikian Rusli berharap, tak ada satupun ASN di Sulteng turut terlibat dalam kontestasi, terlebih sampai menggunakan atribut serta kendaraan dinas untuk kepentingan Pilkada. (rkb/ap)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….