PMI Parimo Fokus Tangani Pengungsi Banjir di Bambalemo

Tampak warga korban banjir Desa Bambalemo yang diungsikan sementara di gedung sekolah Madrasah Diniyah Awaliyah Alkhairaat. (Foto : Istimewa)

PARIMO, Kabar Selebes – Anggota Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) saat ini fokus tangani pengungsi korban banjir di Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi.

Demikian diungkapkan Kepala Markas PMI Kabupaten Parimo, Nur Srikandi Puja Passau yang juga selaku Camat Parigi kepada KabarSelebes.id di lokasi pengungsian, Selasa (8/9/2020) dini hari.

Ia mengatakan, khusus penanganan korban banjir di Desa Bambalemo, untuk sementara pihaknya belum dapat melakukan kegiatan lainnya, selain fokus pada korban yang mengungsi.

“Saat ini kami mengurus pengungsi dulu, agar dapat beristirahat dengan baik malam ini. Besok baru bisa dipikirkan, apa yang akan dilakukan selanjutnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, terkait penanganan selanjutnya, tinggal melihat kondisi atau kebutuhan warga korban banjir.

Contohnya, jika dibutuhkan air untuk membersihkan rumah-rumah warga dari material lumpur, tentunya PMI akan menyediakan truk tangki air.

Begitu pula dengan warga yang mengungsi, yang belum dapat kembali ke rumahnya, tentunya masih harus tinggal di tempat pengungsian.

Selama warga masih mengungsi kata dia, tentunya PMI akan menyediakan dapur umur dan kelengkapan pendukung lainnya.

“Besok baru dapat ditentukan, apa saja yang menjadi kebutuhan dasar bagi korban banjir,” katanya. (rlm)

Laporan : Roy L. Mardani

Silakan komentar Anda Disini….