Polda Sulteng Akan Lakukan Pengamanan di 6.296 TPS

  • Bagikan
Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol Nurwindiyanto saat mengecek kesiapan personel yang akan disiagakan melakukan pengamanan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. (Foto : Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) akan melakukan pengamanan di 6.296 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dihelat 9 Desember 2020 mendatang.

Dari total 6.296 TPS yang tersedia pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, tercatat sebanyak 214 diantaranya dianggap sangat rawan.

Hal itu diungkapkan Wakapolda Sulteng, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Nurwindiyanto usai meninjau Pasukan Operasi Mantap Praja Tinombala 2020 pada Senin (7/9/2020).

Ia menjelaskan, dari total 6.296 TPS, sebanyak 5.043 dengan kategori aman, 1.033 kategori rawan, 214 TPS kategori sangat rawan, dan enam kategori khusus.

“Dari total TPS yang tersedia pada pemilihan nanti, personel gabungan Polri, TNI, dan Linmas yang disiagakan untuk pengamanan sebanyak 19.085 orang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pola pengamanan di masing-masing kategori, khusus empat TPS aman akan dijaga dua Polisi dan delapan orang Linmas.

Sedangkan khusus TPS rawan kata dia, dua personel Polisi dan empat orang Linmas menjaga dua TPS.

Berbeda dengan TPS sangat rawan, akan dijaga dua personel Polisi dan dua orang Linmas disetiap TPS khusus kategori itu.

Lain lagi dengan kategori TPS khusus, dua personel Polisi dan satu orang Linmas akan menjaga empat TPS.

“Sulteng merupakan daerah urutan kedua dalam indeks kerawanan Pilkada se-Indonesia,” terangnya.

Komandan Korem 132/Tadulako, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Farid Makruf mengatakan, tugas pokok personel TNI untuk membantu Kepolisian dalam memberikan pengamanan pada saat tahapan pemilihan nanti.

“Misalnya menemukan adanya kecurangan di TPS, kami akan melaporkannya ke pihak Kepolisian,” tandasnya. (rkb/rlm/fma)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan