Terima Kunjungan Kapolda, DPRD Sulteng Harapkan Sinergitas Penyediaan Tambang Rakyat

  • Bagikan
Suasana pertemuan silaturahmi Kapolda Sulteng, Irjen. Pol Abdul Rakhman Baso, bersama DPRD Sulteng di ruang VIP A, Rabu (9/9/2020). (Foto: Adi Pranata/Kabarselebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Menerima kunjungan silaturahmi Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen. Pol Abdul Rakham Baso, DPRD Provinsi Sulteng meminta pihak kepolisian untuk bersinergi menyelesaikan beberapa persoalan salah satunya penyediaan tambang rakyat. 

Pertemuan yang berlangsung pada Rabu (9/9/2020) sekitar pukul 11:00 Wita, Kapolda diterima langsung oleh Ketua DPRD Hj. Nilam Sari Lawira beserta perwakilan anggota komisi. “Kami memohon agar bapak membantu menyediakan pertambangan rakyat untuk warga agar legal,” ujar Sony Tandra selaku ketua komisi III DPRD.

Kata Sony, melihat potensi sumber daya alam yang ada, pertambangan memiliki daya tarik tersendiri untuk menambah pemasukan daerah Sulteng. Hal ini kata dia tentunya bisa tercapai melalui pertambangan yang legal, salah satunya membantu menciptakan tambang rakyat.

“Sehingga warga bisa mengolah, daerah juga bisa mendapatkan pemasukan yang legal. Karena kalau ilegal kita tidak dapat apa-apa,” terang Sony.

Ia menyebut sebelumnya bersama pemerintah daerah telah menyediakan regulasi terkait penyediaan tambang rakyat, akan tetapi adanya perubahan peraturan, penyediaan tambang telah sepenuhnya dialihkan ke pemerintah pusat.

Olehnya, mengingat pendanaan tambang yang memakan biaya cukup besar, pihak DPRD meminta kesediaan kepolisian untuk bersinergi menyediakan regulasi dan menginformasikan ke pemerintah pusat sehingga daerah dapat menyediakan wadah pertambangan.

Pada keterangannya, Irjen Pol. Abdurakhman Baso mengaku sangat mendukung upaya itu dan bersedia untuk membantu berkomunikasi kepada pimpinan pusat.

Apalagi kata Kapolda dengan rencana kedatangan Kapolri ke Sulteng dalam waktu dekat, hal ini bisa disampaikan secara langsung. “Nanti saya bisikan juga ke Kapolri,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Kapolda juga meminta kerja sama DPRD untuk membantu kepolisian melakukan tugas pengamanan di daerah Sulteng.

Pengamanan itu katanya antara lain, menjaga keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), penanganan pandemi Covid-19, serta persoalan tambang yang menjadi intruksi dari presiden. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan