SMK Negeri 3 Palu Persiapkan Data Siswa Penerima Kuota Internet Gratis

SMK Negeri 3 PALU

PALU, Kabar Selebes – SMK Negeri 3 Palu akan menyediakan kuota internet gratis kepada siswa-siswinya ditengah pemberlakuan pembelajaran secara Daring (Dalam Jaringan) atau online.

Diketahui, kuota internet gratis yang disediakan merupakan bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia untuk membantu siswa belajar secara daring ditengah pandemi Covid-19.

Kepala SMK Negeri 3 Palu Triono mengatakan, guna menindaklanjuti bantuan, pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan kepada sebanyak 1.900 siswa.

Dari jumlah siswa itu nantinya akan di seleksi siapa saja yang memiliki Smart Phone (Telepon Pintar) sebagai salah satu alat komunikasi pembelajaran daring.

“Tinggal menunggu saja, setelah semua data valid terkirim ke data dapodik baru lah terkait dengan implementasi dan lainya akan diketahui. Ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat ke sekolah,” ucapnya belum lama ini.

Selain dari kemendikbud, SMK Negeri 3 kata dia, telah mendapat bantuan kuota internet dari pihak XL bagi siswa. Akan tetapi hal itu sangat terbatas jumlahnya mengingat hanya siswa kurang mampu yang menjadi prioritas utama.

“Kami baru adakan pertemuan dengan XL jadi tahapnya masih pendataan siswa, untuk jumlahnya saya lupa yang pasti sangat membantu. Kalau tidak salah selama 4 bulan mulai September hingga Desember,” tuturnya.

Sementara Triono menyebutkan, bagi siswa kurang mampu dan tidak memiliki perangkat pembelajaran daring, pihak sekolah akan melakukan metode pendekatan yang berbeda agar tetap mendapatkan pembelajaran.

Metode pembelajaran yang dilakukan ialah, dengan berinteraksi langsung diluar sekolah melalui kelompok belajar di rumah guru secara tatap muka.

“Jika siswa yang tidak mempunyai handphone Android saat diberikan kuota internet itu hanya akan terbuang sia-sia,” katanya.(rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….