2.596 Tenaga Honorer dan PLH di Pemkab Sigi Dapat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Sekretaris Daerah Pemkab Sigi, Muh. Basir memberikan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada tenaga honorer dan PLH. (Foto : Mohammad Sobirin/KabarSelebes.id)

SIGI, Kabar Selebes – Sebanyak 2.596 tenaga honorer dan pegawai lepas harian (PLH) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Provinsi Sulteng mendapat perlindungan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal itu ditandai dengan resminya kerjasama antara Pemkab Sigi dan BPJS Ketenagakerjaan pada Rabu (16/9/2020).

Dalam kerjasama tersebut, Pemkab Sigi dan BPJS Ketenagakerjaan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilaksanakan di Aula Belo Rapovia Rakava, Desa Potoya.

Perlindungan yang diberikan kepada 2.596 tenaga honorer dan PLH berupa kecelakaan kerja dan kematian dengan sumber pendanaan langsung dari APBD serta tidak lagi melalui pemotongan gaji.

“Yang diperoleh bapak, ibu dan adik-adik sekalian jauh lebih baik dari PNS. Sebab, pelayanan ruangan kelas 1 itu, hanya untuk golongan IV. Sementara dijaminan ini, pelayanan rumah sakit yang diperoleh sudah kelas 1,” ujar Sekertaris Daerah Pemkab Sigi, Muh. Basir usai membacakan sambutan Bupati.

Basir menjelaskan, upaya tersebut merupakan bentuk kepedulian, komitmen serta upaya mensejahterakan honorer dan PLH yang selama ini, telah berkontribusi dalam membantu pemerintah untuk memajukan daerah.

“Kami juga paham betul, ini tidaklah seberapa. Tetapi kedepannya komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan hidup juga akan dilakukan,” katanya.

Plt Kepala BPJS Ketenagakerjaan Palu, Amrullah mengatakan, terobosan tersebut sangat luar biasa.

Bentuk kepedulian serta kehadiran Pemkab Sigi dalam memberikan perlindungan kata dia, patut diapresiasi.

“Jika terjadi kecelakaan kerja nanti, BPJS yang akan meng-cover. Untuk semua rumah sakit pemerintah, ruangan yang diberikan kelas 1 dan swasta kelas 2. Jika ada yang meninggal, nanti akan diberikan santunan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, BPJS juga memberikan bantuan berupa 350 paket sembako dan akan disalurkan kepada para korban bencana. (sob/rlm/fma)

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....