Jelang Pengamanan Pilkada 2020, Polres Palu Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

oleh -
Kapolres Palu, AKBP Riza Faisal saat memaparkan pengamanan jelang Pilkada serentak 2020, pada rapat koordinasi lintas sektoral bersama instansi terkait, di Aula rupatama, Senin (21/9/2020).(Foto: Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Menjelang pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak  2020,  Kepolisian Resor (Polres) Palu menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bertempat  di Aula rupatama, Senin (21/9/2020).

Rapat yang dipimpin langsung Kapolres Palu AKBP Riza Faisal ,S.I.K.MM itu, turut dihadiri Dandim 1306 Donggala Letkol. Inf. Heri Bambang Wahyudi, S.IP, perwakilan Pemerintah kota, DPRD, Kejaksaan negeri  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Agus Salim, dan Badan pengawas pemilu (Bawaslu) daerah setempat.

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal dalam pemaparannya mengatakan, rapat koordinasi lintas sektoral bertujuan untuk mewujudkan Pilkada yang sehat, aman, tertib dan damai.

“Semoga Pilkada tahun ini berjalan dengan sehat,aman,tertib,dan damai. Kenapa, karena sehat tempatkan di depan, sebab kita saat masih dalam situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan untuk pengamanan dan pengawalan Pilkada tahun ini, pihaknya melibatkan ratusan personel yang terdiri dari personel Polres Palu, Polda Sulteng, Brimob serta dibantu dari pihak TNI.

Diterangkannya seluruh petugas dalam pelaksanaan Pilkada nantinya diharapkan bisa menunjukan kepada masyarakat agar patuh dan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ia mengaku akan menindak tegas bagi siapa saja yang melanggar protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada nanti. Utamanya seluruh personel yang bertugas diharapkan untuk netral dan tidak berpihak.

“Kita akan menindak tegas apabila tidak mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaannya,” tegas Kapolres.

Selain itu pihaknya menyatakan, telah meminta semua kandidat dalam Pilkada kali ini untuk beradu konsep. Hal ini kata dia dilakukan guna menciptakan Pemilu yang bebas dari informasi hoax, dengan praktik yang elegan dengan mengutamakan beradu akal dan konsep, dibandingkan beradu otot.

“Kita akan fokus pengawalan dan pengamanan agar dalam pelaksanaan Pilkada ini tertib, damai, jujur dan transparan. Bagi personel yang melanggar akan kita beri sanksi tegas dan berat,” pungkasnya. (rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 21 times, 1 visits today)