Zona Merah Covid-19, 1 Oktober Donggala Mulai Berlakukan Jam Malam

oleh -
Kapolsek Balaesang, Ipda Makmur Johan bersama unsur Forkopimcam, saat sosialisasi Perbup di ruang pertemuan kantor UPTD Catatan Sipil Kecamatan setempat, Minggu (27/9/2020). (Foto: Istimewa)

DONGGALA, Kabar Selebes – Masuk kategori zona merah penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala, Sulawesi Tengah, pada tanggal 1 Oktober 2020 akan memberlakukan jam malam guna menekan angka penyebaran virus tersebut.

Hal itu dijalankan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 31 Tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Covid-19 .

Olehnya, Pemkab dibantu aparat kepolisian saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat.

Sosialisasi Perbup salah satunya dilakukan di Kecamatan Balaesang, dipimpin oleh Kepala Kepolisian Sektor Balaesang Inspektur Polisi Dua (Ipda) Makmur Johan, di ruang pertemuan kantor UPTD Catatan Sipil Kecamatan setempat, Minggu (27/9/2020).

“Peraturan Bupati No. 31 Tahun 2020 mulai dari tanggal 16 September 2020 dan akan diberlakukan tanggal 1 Oktober 2020, sosialisasi ini sebagai langkah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Donggala,” sebut Kapolsek.

Pada kesempatan itu Kapolsek mengharapkan sinergitas Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah desa setempat, untuk mengantisipsi Penyebaran Covid 19 utamanya tegas dalam menerapkan regulasi.

Dijelaskan dalam turunan Perbup pemberlakuan jam malam diseluruh wilayah Kabupaten Donggala akan dimulai dari jam 21.00 wita sampai 04.30 wita.

 “Para Kades Sekecamatan Balaesang jangan kontra produktif dalam kebijakan untuk menanggulangi wabah covid-19 serta dalam pelaksanaan pesta pernikahan nantinya,” ujarnya

Selain itu kata Makmur, dalam pelaksaanaan Ibadah baik di Mesjid maupun Gereja secara berjamaah, masyarakat diimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Demikian, pihaknya akan terus mengimbau pengunaan masker secara baik dan benar kepada masyarakat, utamanya menjaga kesehatan dengan 4 M ( Mencuci tangan pada air yang mengalir, memakai masker, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan).

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) diantaranya Sekertaris Daerah Kabupaten Donggala (Sekda) DR. Rustam Efendi, Kabag Kesehatan, Dr. Nur, serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan.

Rencananya pada tanggal 1 Oktober 2020 nanti, Pemkab Donggala akan menggelar apel siaga Covid-19 yang dipusatkan di Kecamatan Balaesang. (maf/ap)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 160 times, 1 visits today)