Kapolda Sulteng : Anggota Harus Netral, Tidak Boleh Berpihak Pada Kandidat Manapun

Kapolda Sulteng, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso saat tiba di Mapolres Palu saat memeriksa kesiapan personel. (Foto : Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Provinsi Sulteng, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Abdul Rakhman Baso, SH menegaskan kepada seluruh anggotanya untuk menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Hal itu, disampai Kapolda Sulteng saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Mapolres Palu, Selasa (29/9/2020).

“Saya tegaskan, tidak ada satupun anggota yang bole berpihak dan mendukung kandidat yang akan berkompetisi di Pilkada 2020 nantinya. Semuanya harus netral,” tegasnya.

Ia mengatakan, keputusan itu, sesuai dengan instruksi dari Kepala Kepolisan Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Idham Aziz.

Bagi para anggota kata dia, baik Brigadir, Perwira dan Tamtama serta PNS yang tidak terlibat secara langsung dalam pengamanan Pilkada harus mengemban fungsi intelijen.

“Kenapa saya katakan begitu, agar bisa kita deteksi potensi kerawanan Pilkada untuk bisa kita elemenir terlebih dahulu sebelum terjadi gangguan nyata,” jelasnya. (rkb/rlm/fma)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….