Kementerian ESDM Rilis Peta Prakiraan Gerakan Tanah di Sulteng

oleh -
Cuaca ekstrim di Indonesia

PALU, Kabar Selebes – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali merilis data terbaru peta prakiraan gerakan tanah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) per Oktober 2020.

Dalam laporannya PVMBG mengimbau kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi gerakan tanah/tanah longsor di Oktober.

PVMBG juga memaparkan beberapa wilayah di Provinsi Sulteng yang berpotensi menimbulkan gerakan tanah/tanah longsor antara lain Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Donggala, Palu, Morowali, Morowali Utara, Parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-una, dan Toli-toli.

Khusus wilayah Palu, ada empat kecamatan yang berpotensi bencana, antara lain Mantikulore potensi menengah-tinggi, Palu Utara potensi menengah, Tawaeli potensi menengah, dan Ulujadi menengah-tinggi.

Data tersebut disusun berdasarkan hasil tumpang susun (Overlay), antara peta zona kerentanan gerakan tanah dan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut pihak PVMBG, peta tersebut dirujuk sebagai peringatan dini untuk Pemerintah Daerah dan masyarakat, pemutakhiran peta akan dilakukan setiap bulan. (mg/rlm)

Laporan : Magang

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 357 times, 1 visits today)