Polsek Balaesang Gelar Apel Siaga Pengawasan dan Penegakan Hukum Disiplin Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Donggala Hermanto, saat menandatangani DekIarasi Operasi patuh serentak penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid 19 di seluruh wilayah Kabupaten Donggala, Kamis (1/10/2020).(Foto: Istimewa)

DONGGALA, Kabar Selebes – Pemerintah Kabupaten Donggala menggunakan cara  pemanfaatan kearifan lokal, sebagai upaya memudahkan penyampaian dan sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya disiplin protokol kesehatan.

Sosialisasi itu dinilai sangat tepat dan lebih informatif untuk menerapkan suatu kebijakan.

Olehnya, kepolisian Sektor (Polsek) Balaesang bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopicam) dan instansi terkait menggelar Apel Siaga penerapan disiplin di halaman Kantor Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala, Kamis (1/10/2020).

Kepala Dinas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Donggala, Hermanto, S.Ag selaku pimpinan apel meyampaikan, apel siaga kali ini digelar sebagai ruang implementasi untuk menjamin kepastian hukum serta memperkuat efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kecamatan Balaesang.

“Tindakan disiplin ini di deklarasikan sebagaimana yang sudah diatur dalam Inpres No 6 thn 2020, Maklumat Kapolri No. Mak/3/IV/2020, Pergub Sulteng No.32 thn 2020 dan Perbup Donggala No. 31 thn 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Rangka Pengendalian Corona Virus dilaksanakan mulai dari hari Kamis tanggal 1 Oktober 2020,” sebut Hermanto.

Hermanto berharap, seluruh personel yang bertugas dalam penegakan Protokol Covid-19 supaya bersikap sopan santun kepada masmasyarakat.

“Jangan sampai ada suara-suara negatif dalam pelaksanaan penegakan disiplin Protokol Kesehatan,” pintanya.

Sementara, Kapolsek Balaesang Iptu Makmur Johan menambahkan, penertiban Protokol Kesehatan akan dilaksanakan di rumah ibadah, tempat keramaian serta mengaktifkan kembali sistem Pos Kamling di masing-masing Desa.

Selain itu, para Kepala Desa ditekankan untuk mendata masyarakat yang melakukan perjalanan dari luar daerah.

“Kami juga akan memberlakuan jam malam mulai pukul 21.00 Wita s/d Jam 04.30 Wita tentunya dengan menegakan 4 M ( Mengunakan Masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan, Menghidari Kerumunan ),” sebutnya.

Apel siaga kali ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dimana seluruh peserta yang hadir sebelum memasuki lapangan wajib mencuci tangan menggunakan sabun pada tempat yang telah disediakan.

Peserta juga diwajibkan memakai masker serta diperiksa satu persatu suhu tubuhnya oleh petugas Satgas Terpadu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Donggala.

Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan Deklarasi Operasi patuh serentak penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid 19 di seluruh wilayah Kabupaten Donggala.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan Operasi Yustisi di Jalan Poros Palu – Sabang menindak pengendara roda dua dan roda 4 empat yang tidak mengunakan masker serta mengimbau ke pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan Covid19. (maf/ap)

Laporan : Mohammad Arief

Silakan komentar Anda Disini....