Kadin Minta Buruh Tidak Ikut Mogok Nasional Tolak RUU Cipta Kerja

oleh -
Ketua Kadin Kota Palu Gufran Ahmad (kanan) dalam sebuah dialog di Kota Palu, beberapa waktu lalu. (Dok Podcast Palu)

PALU, Kabar Selebes – Rencana mogok nasional buruh dan pekerja pada 6-8 Oktober yang menolak RUU Cipta Kerja nendapat respons dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani bahkan sudah menyurati seluruh jajaran pengurus Kadin Se-Indonesia, 30 September 2020.

Surat arahan itupun disikapi Ketua Kadin Kota Palu Gufran Ahmad.

Gufran meminta kepada para pekerja dan buruh di Kota Palu untuk tetap saja fokus bekerja dan berusaha membantu ekonomi keluarga.

Dia berharap untuk para pekerja dan buruh yang ada d Palu khususnya dan Sulteng umumnya agar fokus saja untuk bekerja dan berusaha untuk membantu keluarga agar ekonomi kita cepat pulih di tengah pandemi Covid-19.

“Terkait dengan RUU Cipta kerja atau regulasi kita serahkan yang mengurus  perwakilan kita yang ada di pusat,” kata Gufran, Senin, 5 Oktober 2020.

Gufran menilai, agar lebih efektif kita menyampaikan lewat surat atau ada perwakilan kita ke pusat karena kalau dengan cara mogok itu merugikan kita sendiri dan keluarga,

Ketua Umum DPP Kadin Rosan Perkasa Roeslani dalam suratnya, tanggal 30 September 2020, kepada pengurus Kadin seluruh Indonesia menyampaukan tiga point berkaitan dengan rencana mogok nasional para buruh.

Pertama, menyarankan kepada seluruh pekerja di perusahaan masing-masing untuk mematuhi peraturan mogok kerja serta ketentuan tentang protokol kesehatan Covid-19.

Kedua, memberikan pemahaman dan sosialisasi kepasa buruh/pekerja di perusahaan masing-masing terkait ketentuan tentang mogok kerja termasuk sanksi yang dapat dijatuhkan terhadap pelanggarannya, sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku khususnya UU no 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Dan, ketiga adalah menghimbau kepada seluruh pekerja/buruh untuk tidak terprovokasi atas rencana mogok kerja nasional tersebut. (ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini....