Fraksi PDI-P Tidak Tentukan Sikap Terkait Keputusan Raperda Perlindungan Anak

Suasana rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi di DPRD Palu terkait Raperda perlindungan anak. (Foto : Mohammad Sobirin/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) DPRD Palu tidak menentukan sikap atau abstain dalam pandangan umum fraksi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak yang diusulkan Pemerintah Kota (Pemkot).

“Karena tidak ada perwakilan yang hadir untuk membaca pandangan umum fraksi mereka, artinya mereka tidak menentukan sikap. Mendukung atau tidak Raperda ini,” ujar Wakil Ketua II DPRD Palu, Rizal Dg Sewang usai memimpin rapat paripurna, Selasa (6/10/2020).

Rizal menjelaskan, meski partai berlambang banteng tersebut tidak menyatakan sikap, Raperda yang diusulkan oleh Pemkot Palu tersebut tetap dibahas ketingkat selanjutnya.

“Tidak masalah, meski mereka abstain, tetapi delapan fraksi lainnya telah menerima, dan akan dibahas ketingkat selanjutnya,” imbuhnya.

Dijelaskannya, Raperda tersebut memiliki beberapa poin penting tentang pemenuhan hak-hak anak diantarnya, hak mendapatkan pendidikan, bermain, kesehatan serta perlindungan hukum.

Selain itu, Raperda tersebut, juga dapat menjadi acuan serta payung hukum bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam melakukan penganggaran untuk pemenuhan hak anak.

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Rezky Hardianti mengaku seluruh dasar hukum, baik dari sisi yuridis, sosiologi dan filosofi telah terpenuhi, sehingga dapat dibahas ketingkat selanjutnya.

“Semuanya sudah terpenuhi, makannya kita ajukan untuk di paripurnakan dan dibahas ketingkat selanjutnya,” tandasnya. (sob/rlm)

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini....