Serahkan APK dan BK Untuk Peserta Pilkada, Ini Pesan KPU Kota Palu

KPU kota Palu ketika menyerahkan secara simbolis APK dan BK kepada salah satu LO Pasangan Calon Pilkada 2020, Selasa (6/10/2020).(Foto: Adi Pranata/kabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu menyerahkan alat peraga kampanye (APK) dan Bahan Kampanye peserta Pilkada 2020. Penyerahan APK dan BK itu dilakukan secara simbolis di Kantor KPU Jalan Balaikota Selatan, Kota Palu, Selasa (6/10/2020).

Ketua KPU Kota Palu Agus Salim Wahid menuturkan, KPU hanya memfasilitasi percetakan APK dan BK pasangan calon (Paslon) walikota Palu dari nomor urut 1 hingga nomor 4. Sedangkan untuk pemasangan nantinya akan dilakukan oleh masing-masing tim sukses pasangan calon.

Adapun bahan-bahan kampanye akan diserahkan kepada tim kampanye sebanyak 100.000 buah untuk masing-masing pasangan calon.

“Jadi APK ini adalah yang didesain diserahkan kepada KPU. Adapun misalnya yang mereka sudah pasang terlebih dahulu sesuai kesepakatan kami sudah menyurati untuk segera diturunkan,” jelas dia.

Lanjut kata dia, apabila sebelumnya telah ada yang memasang baliho sesuai dengan desain yang diserahkan, tim sukses paslon diharapkan untuk melaporkan kepada KPU titik-titik pemasangan APK.

Sementara itu paslon diharapkan tidak memasang pada lokasi yang dikecualikan yang antara lain ruang terbuka hijau, tiang-tiang listrik, jalan protokol, jembatan dan ruang terbuka hijau.

 “Pemasangan sudah diatur dalam keputusan KPU 190 tentang penetapan  lokasi pemasangan dan penyebaran alat peraga kampanye,” katanya.

Dengan begitu Agus berharap, tim kampanye masing-masing Paslon kiranya memasang APK berdasarkan keputusan yang telah diberikan.

Sementara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Palu hingga tanggal 26 September 2020 menemukan sebanyak 857 APK dari 4 paslon yang tidak sesuai dengan desain KPU.

Munirah anggota Bawaslu kota Palu menuturkan, jumlah itu sebelumnya sudah dilaporkan kepada pihak KPU untuk kemudian menyampaikan kepada Paslon agar APK segera diturunkan.

“Desain yang sebelumnya terpasang kita tindak lanjuti dan KPU yang ambil tugas menyurat ke Paslon bahwa ini APK yang tidak sesuai dan KPU sudah menyurati kepada masing-masing pasangan calon,” katanya. (ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….