Berkas Perkara Hoax Anggota DPRD Sulteng YB Dinyatakan Lengkap

Didik Supranoto

PALU, Kabar Selebes – Penyidikan perkara yang menyeret nama anggota DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) berinisial YB telah dinyatakan lengkap atau P.21 oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi (Kejati) dalam dugaan kasus menyebarkan informasi bohong atau hoax.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Humas (Kabidhumas) Polda Sulteng, Komisaris Besar Polisi (KBP) Didik Supranoto dalam keterangan persnya, Rabu (7/10/2020).

Menurut Didik, saat ini penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Sulteng telah menerima surat pemberitahuan tersebut dari Kejati.

“Setelah terjadi bolak-balik berkas perkara dari penyidik Ditreskrimsus Polda Sulteng kepada Jaksa Penuntut Umum Kejati dan akhirnya berkas perkara tersebut telah dinyatakan lengkap atau P.21,”jelasnya

Olehnya minggu depan penyidik akan segera menyerahkan tersangka YB beserta barang buktinya (tahap II) kepada Jaksa penuntut umum.

Didik menerangkan penyidik sebelumnya sudah berupaya maksimal melakukan penyidikan dengan melengkapi kekurangan sesuai petunjuk Jaksa yang menangani perkara, hingga akhirnya penyidik harus melakukan Penghentian penyidikan (SP3)

Dijelaskannya setelah kuasa hukum pelapor melakukan praperadilan terkait penghentian penyidikan (SP3), akhirnya Pengadilan melalui putusannya memerintahkan kepada penyidik Polda Sulteng untuk membuka dan melanjutkan perkara tersangka YB.

“Alhamdullilah berkas sudah P.21 dan sesegera mungkin tersangka YB akan diserahkan kepada pihak Kejaksaan,” tandas Didik.

Untuk diketahui bahwa perkara menyebarkan berita bohong dengan tersangka YB bergulir setelah adanya laporan Gubernur Sulteng, Drs. Longki Djanggola, M.Si pada bulan Juli 2019 lalu. (rkb/ap)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….