Tahun 2020, Ekspor Komoditas Pertanian Sulteng Meningkat Signifikan

Proses pengolahan kopra yang dikeringkan dengan cara pengasapan, di desa Tamarenja, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. (Foto: Mohammad Arief/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Perubahan besar telah terjadi pada Ekspor komoditas pertanian Sulawesi Tengah (Sulteng) pada semester pertama tahun 2020. Peningkatannya sangat signifikan hingga mencapai dua kali lipat dibanding periode tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Balai Karantina Pertanian Kelas II Palu, terdapat 5 komoditas pertanian yang tercatat mengalami peningkatan ekspor secara signifikan yakni Kakao biji sebanyak 2.000 ton, kelapa parut 1.220 ton, kelapa bulat 336 ton, minyak kelapa kategori VCO 55 ton dan minyak kelapa CO sebanyak 15 ton.

Selain 5 komoditi itu, semua komoditas Sulteng mengalami kenaikan ekspor pada periode pertama tahun 2020. “Kenaikan ekspornya 2 kali lipat atau 200 persen dibanding periode Januari sampai Juni tahun 2019 lalu,” ungkap Kepala Balai Karantina Pertanian kelas II Palu, Ida Bagus Hary Soma Wijaya di kantornya, Rabu (7/10/2020).

Menurut Ida, peningkatan ekspor itu terlihat dari terjadinya peningkatan frekuensi pengiriman negara tujuan ekspor serta volumenya.

Terjadinya peningkatan ini otomatis akan membuka peluang sebesar-besarnya pada potensi ekspor dan datangnya investasi karena motor penggerak pertumbuhan ekonomi perlahan terus berjalan baik.

Terlebih kata dia dengan telah dibentuknya Tim Terpadu Akselerasi Kinerja Ekspor Sulteng pada 22 September 2020 lalu.

Kendatipun capaian positif itu sudah diraih pada periode pertama tahun 2020, upaya peningkatan ekspor dan daya saing komoditas pertanian Sulteng akan tetap lebih difokuskan lagi oleh pihak-pihak terkait seperti pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan instansi vertikal lainnya.

“Hal ini tentunya sangat berdampak baik pada percepatan dan peningkatan produksi di sejumlah daerah, yang harus diberikan apresiasi,” pungkas Ida. (maf/ap)

Laporan : Mohammad. Arief

Silakan komentar Anda Disini….