Bantu Petani Kakao, PT Pupuk Kaltim Bersama Dinas Pertanian Poso Tanda Tangan MoU Program Agrosolution

oleh -
untuk kelompok Tani di Dusun Majulea, Sabtu (17/10/2020). (Foto: Ryan Darmawan/Kabarselebes.id)

POSO, Kabar Selebes – PT Pupuk Kalimantan Timur bersama Dinas Pertanian Poso, TMCI dan READSI serta kelompok Tani di Dusun Majulea melaksanakan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) program Agrosolution tanaman kakao, Sabtu (17/10/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Dusun Majulea, Desa Toyado, Kecamatan Lage turut dihadiri Pjs Bupati Poso, Drs Arfan, Kadis Pertanian Poso, Suratno, Acount Executive Sulteng Pupuk Kaltim, Saharoji dan Manager Readsi, Mardianus Tampompa.

Saharoji selaku Acount Executive Sulteng Pupuk Kaltim menyampaikan, program Agrosolution dari Pupuk Kaltim merupakan kumpulan dari beberapa stakeholder untuk membantu petani dalam meningkatkan budidaya pertaniannya.

Dikatakan program Agrosolution kali ini menyasar para petani kakao dengan membantu memberikan pupuk melalui dana pihak Readsi dan bantuan lain dari TMCI yang secara bersama-sama membantu petani di wilayah Dusun Majulea, Poso.

“Tahun 2020 tiga tempat, tahun 2021 di Tentena kami rencana melalui program Agrosolution mengembangkan komoditas semangka,” ucap Saharoji.

Penandatangan MoU melalui program Agrosolution tanaman kakao ini disaksikan secara langsung oleh beberapa perwakilan kelompok Tani Beringin Indah Desa Toyado dan Kepala Desa setempat.

Dusun Majulea merupakan wilayah pertama untuk program Agrosolution khusus tanaman kakao, pihaknya menargetkan wilayah di Pamona Barat dan Kecamatan Lore untuk program Agrosolution selanjutnya khusus padi.

Kadis Pertanian Poso, Suratno menambahkan, perlunya kerja sama dilakukan dalam penyediaan pupuk bagi petani guna mengembangkan tanaman kakao

Apalagi kata dia Dusun Majulea merupakan wilayah yang tidak memiliki sawah.

“Desa ini satu-satunya yang tidak memiliki sawah dan tentunya perlu kerja sama. Kalau kami punya program di pertanian yang namanya program korporasi untuk mendukung program pertanian,” kata Suratno.

Sementara itu Pjs Bupati Poso, Arfan mendukung dan mensuport adanya Mou tersebut karena sangat membantu petani yang ada di daerah.

“Program ini sangat tepat untuk masyarakat didesa, kami berharap bisa dikembangkan ditingkatkan lagi kedepanya,” katanya.

Selain melakukan penandatangan Mou, PT. Pupuk Kaltim bersama Dinas Pertanian Poso beserta TMCI serta READSI kemudian menyerahkan bantuan pupuk sebanyak 400 ton yang secara simbolis diberikan ke para petani kakao di wilayah tersebut. (rdn/ap)

Laporan: Ryan Darmawan

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 132 times, 1 visits today)