Tingkatkan Kapasitas, KPU Donggala Bekali Relawan Demokrasi Pilkada Serentak 2020

oleh -
Ilustrasi : Relawan Demokrasi

DONGGALA, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala menggelar Pembekalan Peningkatan Kapasitas bagi Relawan Demokrasi (Relasi) di Kabupaten Donggala.

Yudhi Riandy selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Donggala menyampaikan pihaknya sangat mengapresiasi kehadiran para Relawan Demokrasi di tengah tantangan peningkatan partisipasi masyarakat di era New Normal.

“Relawan Demokrasi ini merupakan wujud nyata dari partisipasi masyarakat. Karena sedianya mereka ini tidak diberikan imbalan dalam melakukan kerja-kerjanya” tegasnya.

Lebih lanjut Yudhi menjelaskan bahwa awalnya pihaknya merasa ragu apakah kegiatan yang bersifat sukarela ini dapat menarik minat masyarakat untuk mengikutinya.

“Kehadiran mereka hari ini membuktikan keraguan kami tak beralasan. Ternyata di Kabupaten Donggala ini masih terdapat pemuda yang berjiwa volunteer ” ungkap mantan Lurah Ganti Kecamatan Banawa ini.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa kegiatan Relawan Demokrasi adalah program yang diatur secara berjenjang dari KPU Republik Indonesia.

“Relawan Demokrasi ini memiliki 10 basis yang dikelompokkan menurut basis pemilih,” ujarnya.

Untuk Kabupaten Donggala pihaknya membentuk Relawan yang terdiri dari basis keagamaan, basis pemilih perempuan, basis pemilih pemula, dan basis netizen .

Disinggung mengenai fasilitas yang didapatkan oleh Relawan Demokrasi, dijelaskan bahwa terdapat tunjangan transportasi untuk para relawan.

“Relawan tidak dibayar bukan karena mereka tidak bernilai, tapi karena mereka tidak ternilai,” kata Yudhi dalam rilisnya Minggu. (*/ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 45 times, 1 visits today)