Belajar di Tengah Pandemi, Bagaimana Praktikum Siswa SMK di Palu?

(ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH)

PALU, Kabar Selebes – Meningkatnya kasus Covid-19 di Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebabkan praktik pembelajaran siswa-siswi sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah setempat harus ditunda. 

Penundaan itu tertuang dalam surat edaran gubernur Sulteng Nomor : 420/365/Dikbud tentang penyelenggaraan pembelajaran di satuan pendidikan.

Dengan edaran itu, segala aktivitas pembelajaran di SMK lumpuh total dan pembelajaran tetap menggunakan metode Dalam Jaringan (Daring).

“Praktek belum pernah kita laksanakan, jadi masih berupa teori. Karena awalnya kita mau terapkan sistem kelompok per 5 anak-anak, tapi dengan adanya perkembangan Covid-19 yang makin meningkat akhirnya tidak diizinkan lagi untuk itu,” ujar Wakil kepala SMK N 3 Palu, Drs. Heli Goning, kepada kabarselebes.id Senin (19/10/2020)

Heli Goning menerangkan sebelumnya aktivitas pembelajaran tatap muka, kegiatan praktik sekolah, maupun praktek lingkungan diagendakan berlangsung pada awal September 2020.  Akan tetapi rencana itu harus dibatalkan mengingat angka kasus Covid-19 di Sulteng terus melonjak dan dipertegas dengan edaran Gubernur Sulteng.

Meski idealnya praktikum dilaksanakan di Sekolah, kata Heli ada jurusan-jurusan tertentu yang bisa melaksanakan praktek dari rumah.

“Misalnya saja jurusan IT, itu bisa saja melaksanakan prkatek secara Daring karena hanya menggunakan Software jadi misalnya ditugasi untuk membuat aplikasi itu kan bisa dari rumah, tapi gurunya yang pantau dari sekolah,” katanya. 

Olehnya, untuk sementara kata Heli, pembelajaran di SMK N 3 Palu menggunakan metode Daring dan juga pembelajaran guru kunjung.

“Tapi hanya satu dua orang saja (Guru Kunjung). Kan karena siswa kita ini kebanyakan juga dari luar daerah,” ujarnya.

Demikian Heli menyatakan perihal praktikum pihaknya masih menunggu kebijakan dari dinas Pendidikan daerah setempat. “Kita ini kan orang yang diatur,” katanya.

-Dialihkan ke Semester Berikutnya

Terpisah, hal senada diungkapkan Wakasek Kurikulum SMK N 2 Palu, Anilawa.Pihaknya menyatakan sesuai edaran, praktik untuk semester ganjil sekarang ini tidak lagi diadakan.

“Seharusnya tanggal 5 (September) kita sudah bisa adakan praktik pembelajaran, tapi setelah Covid-19 bertambah itu semua dibatalkan,” katanya.

Untuk mentaktisi itu, pihaknya menyatakan pembelajaran praktikum akan dialihkan untuk semester berikutnya.

Apalagi kata dia semua pembelajaran teori pada semester Genap sudah dialihkan pada semester ganjil tahun ini.

“Jadi nanti pada saat mereka masuk, teori sudah dapat semua. Jadi nanti praktik full,” katanya. (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….