Gugatan PTTUN Herwin Yatim, Tanwir Lamaming: KPU Belum Dapat Salinan Putusan

oleh -
Ketua KPUD Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming (kanan) menyerahkan tanda terima pendaftaran berkas bakal calon legislatif DPD Perindo kepada Ketua Perindo Sulawesi Tengah Clemens Effrain Musa di Aula KPUD Sulteng, Sabtu sore, 14 Juli. (Foto: Kabarselebes/Patar)

PALU, Kabar Selebes – Pasca gugatan di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Makassar dimenangkan Herwin Yatim-Mustar Labolo, hakim ketua memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai untuk membuat keputusan perubahan memasukan bakal Pasangan Calon (Paslon) Bupati tersebut pada Pilkada Banggai tahun 2020.

Menanggapi putusan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, Tanwir Lamaming menerangkan keputusan PTTUN Makassar memang perlu diterima. Terlebih keputusan itu bersifat mengikat (Incracht).

Menurutnya, perintah pengadilan kepada KPU Kabupaten Banggai untuk membuat peraturan baru tentang penetapan Paslon Bupati pada Pilkada Banggai tahun 2020 harus dilaksanakan.

Akan tetapi, keputusan itu harus diterima bersama dengan hasil salinan putusan sidang untuk dijadikan rujukan membuat peraturan baru melalui pleno KPU Daerah.

“Saya, telah mendengar kabar tersebut, tapi belum menerima minta (salinan) putusan PTTUN hari ini yang telah dibacakan oleh Hakim,” ungkap Tanwir Lamaming saat dikonfirmasi media ini, Senin (19/10/2020).

Tanwir mengungkapkan KPU Provinsi Sulteng tidak menghalangi isi ataupun perintah putusan pengadilan PTTUN.

Hanya saja kata dia, untuk membuat keputusan baru mengikut sertakan Paslon Bupati baru pada Pilkada Banggai tahun 2020, tentunya harus ada pegangan resmi hasil putusan sidang yang dikirim kepada KPU Kabupaten Banggai.

Apalagi hal itu menjadi tanggung jawab di wilayah kerja pelaksana Pilkada yang akan dibuat dalam rapat pleno guna melahirkan perubahan keputusan.

Adapun perubahan keputusan yang lahir nanti akan diserahkan kepada KPU Kabupaten Banggai, karena itu domain kerja, termasuk memutuskan hasil putusan PTTUN melalui rapat pleno.

“Kami, hanya memberikan dukungan kerja pelaksanaan Pilkada mendatang, soal keputusannya nanti, itu domain kerja KPU Daerah-daerah yang memutuskan,” tutup Tanwir.

Diketahui, melalui Hakim Ketua, Oyo Sunaryo Keputusan KPU Kab. Banggai Nomor : 50/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020 tertanggal 23 September 2020 batal demi hukum dan memerintahkan KPU Kabupaten Banggai, membuat peraturan baru tentang Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Herwin Yatim-Mustar Labolo pada Pilkada Banggai tahun 2020.

Batas waktu penetapan diberikan selama 14 hari pada KPU Banggai untuk membuat keputusan baru mengikut sertakan Paslon sebagai peserta Pilkada Kabupaten Banggai tahun 2020. (im/ap/fma)

Laporan : Irwan Merdeka.

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 549 times, 1 visits today)