Pekerjaan Fisik DAK di 23 Kecamatan, Wabup Badrun: Baru Sebagian Kecil Sekolah yang Mencapai 90 Persen

oleh -
Wabup Parigi Moutong, H. Badrun Nggai saat memberikan arahannya ketika melakukan kunker di SMP 1 Tinombo Selatan. (Foto : doc Humas Pemkab Parigi Moutong)

PARIGI MOUTONG, Kabar Selebes – Pekerjaan fisik khusus penataan infrastruktur ruang kelas yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) di 23 kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) baru sebagian kecil sekolah yang sudah mencapai 90 persen.

Sedangkan sebagian sekolah ditemukan masih dalam tahapan progres pekerjaan yang baru mencapai 31 persen.

“Pekerjaan fisik penataan ruang kelas yang menggunakan DAK harus sepenuhnya cepat terselesaikan. Dari hasil peninjauan di 23 kecamatan yang saya lakukan dari tahun lalu, masih sebagian sekolah yang pekerjaan fisiknya di tahun ini sudah mencapai 90 persen. Ini harus menjadi perhatian seluruh Kepala Sekolah (Kepsek), para guru maupun stakeholder yang ada,” tegas Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong, H. Badrun Nggai, SE dalam arahannya saat melakukan kunjungan kerja atau kunker di SMP 1 Tinombo Selatan pada Sabtu (17/10/2020) pekan kemarin.

Menurutnya, bukan hanya progres pekerjaannya saja yang harus cepat direalisasikan, namun kualitasnya juga harus rapih dan tepat sasaran.

Terkait kontrak kerja, kata dia, harus dapat dicapai pada akhir tahun ini, tepatnya Desember mendatang.

Begitu pula dengan laporan pertanggung jawaban keuangan DAK, juga harus dilengkapi.

Dalam kesempatan itu, Ia juga menambahkan, terkait dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS, dirinya menyatakan turut melakukan pengawasan.

Pasalnya, penggunaan dana BOS harus dipergunakan sesuai peruntukannya dan tidak disalah gunakan.

“Penggunaan dana BOS ini tidak main main dan jangan disalah gunakan. Jika terbukti ditemukan oleh BPK akan dilanjutkan dengan hukuman pidana bagi siapa saja Kepsek maupun bendaharanya yang sengaja menyalahgunakannya,” terangnya.

Sebelumnya Wabup Badrun juga telah melakukan peninjauan di SD Inpres 2 Sidoan, SDK terpencil di Desa Ogobagis, pembangunan tanggul laut, SMP Negeri 4 Tinombo di Sidoan, SD Inpres Maninili Kecamatan Tinombo Selatan, SMP Negeri 4 Tinombo Selatan, SD Siney Tengah,  SMP Negeri 2 Tinombo Selatan. (rlm/fma)

Laporan : Roy L. Mardani

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 26 times, 1 visits today)