Kasus Covid-19 Meningkat, Masyarakat Sigi Diminta Waspada Kluster Pesta Pernikahan

oleh -
Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, Jumriani Yunus

PALU, Kabar Selebes –  Angka kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sigi masih terus terjadi bahkan meningkat. Pusat data dan Informasi Pemerintah Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat per Selasa (20/10/2020) total ada sebanyak 33 kasus aktif Covid-19 di daerah tersebut.

Dari 33 kasus itu, dilaporkan sebanyak 22 orang menjalani karantina mandiri selebihnya dirawat pada rumah sakit rujukan yang telah disediakan.

Menurut Jumriani Yunus, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas kesehatan provinsi Sulteng, peningkatan kasus di Sigi terbilang sangat luar biasa dimana kebanyakan masyarakat terkonfirmasi postif usai menghadiri pesta pernikahan. 

“Mereka lakukan perjalanan pesta, padahal ini di Kampung-kampung ya. Datang dari sini  pulang bawa virus, lagi mereka tidak mau di isolasi ke rumah sakit atau ruang isolasi yang sudah kami siapkan,” ujarnya saat ditemui Selasa (20/10/2020).

Dikatakan Jumriani banyaknya pasien terkonfirmasi Positif melakukan isolasi mandiri di rumah sangat berbahaya, pasalnya akan menambah lagi kasus baru penularan pada orang di sekitar.

“Yang pergi pesta cuma 1, datang dia tularkan ke bapaknya, ke anaknya dan sebagainya. Ini sangat mengkhawatirkan,” katanya.

Melihat demikian ia pun mendorong pemerintah Kabupaten setempat agar lebih optimal memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahayanya penularan Covid-19.

Terlebih angka kasus kematian Covid-19 di Sulawesi Tengah terbilang cukup tinggi.

Dimana dari 726 konfirmasi positif dilaporkan meninggal dunia sebanyak 28 orang.

“Itu (Kasus Positif) sangat mengkhawatirkan dan itu bukan pelaku perjalanan, rata-rata orang yang dari luar datang masuk dia yang bawa virus, dia yang menularkan orang dalam rumah itu,” katanya.

Jumriani menegaskan mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas menjadi kunci untuk menekan angka kasus Covid-19.

“Jangan kendor pakai masker, jaga jarak, terus cuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir,” harapnya. (ap)

Laporan: Adi pranata.

Silakan komentar Anda Disini....
(Visited 122 times, 1 visits today)