Regional

Warga Palu Yang Tidak Masuk DPT Akan Diakomodir Dalam DPTb

416
×

Warga Palu Yang Tidak Masuk DPT Akan Diakomodir Dalam DPTb

Sebarkan artikel ini
Idrus, Komisioner KPU Palu Divisi Perencanaan Data dan Informasi

PALU, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu masih memberi ruang bagi warga yang belum masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada serentak tahun 2020. Nantinya para warga akan diakomodir dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Idrus, Komisioner KPU Palu Divisi Perencanaan Data dan Informasi, menjelaskan, dalam prosesnya, pihak KPU akan mengumumkan terlebih dahulu jumlah DPT yang telah ditetapkan diseluruh kantor kelurahan se-Kota Palu, mulai 28 Oktober hingga 6 Desember 2020 oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Warga yang belum masuk dalam DPT diharap melaporkan dirinya ke PPS maupun PPK sesuai domisilinya,”jelas Idrus, Rabu (21/10/2020).

Warga yang akan dimasukkan dalam DPTb, adalah mereka yang memiliki Kartu Keluarga (KK) dan KTP elektronik.

Pemilih tambahan kata Idrus adalah mereka yang memenuhi syarat dan memiliki dokumen baik KTP elektronik dan KK namun belum terdaftar dalam DPT Kota Palu.

“Jadi dapat menghubungi PPS dan PPK  untuk dilakukan inventarisasi sebagai calon pemilih tambahan,”imbuhnya.

Sementara itu, inventarisasi terhadap warga yang tercatat sebagai calon pemilih pindahan, nantinya akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Pindahan (DPPh).

Pemilih pindahan sendiri, merupakan mereka yang akan memilih di daerah tujuan karena alasan pekerjaan dan sebagainya yang telah terdaftar di DPT daerah asal.

“Pemilih pindahan akan diberika form A.5.KWK yakni pemberitahuan pindah memilih atau pemilih pindahan,”jelasnya lagi.

Untuk proses pemilihan sendiri, nantinya pemilih dalam DPTb akan dilayani 1 jam sebelum RPS ditutup dan selama surat suara tersedia.

“Sedangkan pemilih DPPh, mereka ini akan dilayani di TPS selama surat suara masih tersedia,”pungkas Idrus.

Dari hasil penetapan yang dilakukan oleh KPU Palu, ada sebanyak 250.635 orang yang masuk dalam DPT. (sob/ap/fma)

Laporan: Mohammad Sobirin