Mengais Rezeki di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Menjahit Sepatu

Salah satu penjahit sepatu di Jalan Monginsidi, Kota Palu, Sulawesi Tengah. (foto.Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Banyak cara yang dilakukan seseorang mengais pundi-pundi rupiah untuk dapat bertahan hidup serta memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satunya berprofesi sebagai penjahit sepatu.

Ridwan, warga Jalan Sungai Sadan, Kelurahan Nunu, Kota Palu salah satunya. Kurang lebih hampir 20  tahun berprofesi sebagai penjahit sepatu di sekitaran Jalan Monginsidi.

Meski dalam situasi pandemi Covid-19, ia tetap bersyukur dan gigih melakoni pekerjaan yang dijalani saat ini.

Untuk  sepasang sepatu yang dijahitnya dihargai Rp20 ribu. Sedangkan sandal, pelanggan hanya membayar jasanya sekitar Rp15 ribu/pasang.

Ia menuturkan sebelum adanya Covid-19, pendapatan satu hari yang didapatkan bisa mencapai Rp.100 ribu hingga Rp.200 ribu perharinya.

Namun, dengan adanya wabah Covid-19, pendapatan sehari-sehari dalam menjahit menjadi menurun drastis.

“Misalnya satu hari itu hanya bisa meraup keuntungan 50 ribu bahkan tidak ada sama sekali pelanggan yang datang untuk menjahit sepatunya,”ujarnya.

Meski begitu, Ridwan bilang di tengah pendapatan yang tidak menentu ini ia tetap bersyukur karena tetap bisa memenuhi semua kebutuhan sehari-hari khususnya membiayai keluarga.

Kini, Ridwan bisa bernafas sedikit lega pasca pemerintah memberlakukan kebijakan new normal atau tatanan kehidupan baru. Hal itu berdampak positif dengan naiknya omset pendapatan untuk menjahit sepatu. (rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….