Ribuan Pemilih di Sigi Belum Miliki Adminduk

Proses pencoklitan pemilih yang dilakukan KPU Sigi sebelum menetapkan DPT. (Foto : Mohammad Sobirin/KabarSelebes.id)

SIGI, Kabar Selebes – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi menemukan ada sekitar seribu pemilih yang belum memiliki Adminstrasi Kependudukan (Adminduk), akibat tak dapat masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DTP).

Divisi Data dan Informasi KPU Sigi, Rosnawati menjelaskan, ribuan warga yang belum memiliki Adminduk tersebut telah disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk segera ditindaklanjuti.

“Ada 1.010 warga di Sigi yang benar-benar tidak memiliki Adminduk seperti Kartu Keluarga dan KTP. Sehingga mereka tidak kita masukkan ke dalam DPT,” jelasnya Rosnawati saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (23/10/2020).

Meski tidak masuk dalam DPT, namun Rosnawati mengaku para warga tetap dapat diakomodasi hak suaranya, apabila telah memiliki dokumen kependudukan.

“Meski demikian, kami sudah serahkan nama-nama by name by address ke Dukcapil. Sehingga kami harap dapat segera ditindaklanjuti sebelum hari pencoblosan.” harapnya.

Ia berharap, partisipasi warga serta pemerintah untuk segera menyelesaikan permasalah tersebut.

Sebab hal itu, dapat mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih.

“Kami minta masyarakat juga pro aktif, jika nantinya pemerintah melakukan upaya untuk mengantisipasi masalah ini,” katanya.

Diketahui, KPU Sigi telah menetapkan sebanyak 171.926 pemilih masuk dalam DPT kabupaten. (sob/rlm/fma)

Laporan : Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini….