Libur Nasional, Basarnas Palu Gelar Operasi Siaga SAR 24 Jam

Proses pengecekan personil serta peralatan SAR jelang pelaksanaan Operasi Siaga SAR 24 jam oleh Basarnas Palu, jelang libur Nasional. (Foto: Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu, menyiagakan puluhan personil yang tergabung dalam Operasi Siaga SAR, guna mengantisipasi kecelakaan pesawat, kapal, bencana serta kondisi membahayakan manusia lainnya saat perayaan libur nasional mulau 27 Oktober sampai H+4 perayaan maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Andrias Hendrik Johanes melalui Kepala Sub Seksi Operasi SAR, Andi Sultan menjelaskan operasi siaga tersebut adalah sebagai upaya melaksanakan waktu respon lebih cepat dalam penanganan kecelakaan.

“Operasi Siaga SAR Khusus Libur Nasional (Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020), 24 jam, diantaranya: Siaga Komunikasi, Siaga Rescuer (Pos SAR Luwuk, Pos SAR Parigi Moutong, Unit Siaga SAR Toli-Toli dan Unit Siaga SAR Morowali), Siaga ABK, Siaga RB 239, Dan RB 409 ( RIB 11) agar bisa memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan SAR yang cenderung meningkat sesuai dengan tugas dan fungsi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, ” tulis Andi Sultan melalui rilis pada Selasa, (27/10/2020).

Kegiatan ini juga didasari dengan tidak menutup kemungkinan terjadinya lonjakan pemudik disaat libur panjang terjadi. Baik mereka yang ingin melakukan silaturahmi, maupun mengunjungi tempat wisata. Sehingga dengan kondisi padat arus lalu lintas, dapat memicu terjadinya kecelakaan dan kondisi membahayakan jiwa manusia. (sob/ap/fma)

Laporan: Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini….