Pelaksanaan Pamsimas dan Program Kaitannya di Parigi Moutong, Sekda Ardi: Termasuk Stunting

Sekda Kabupaten Parimo, H. Ardi Kadir.

PARIGI MOUTONG, Kabar Selebes – Pelaksanaan kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Parigi Moutong memiliki kaitan dengan program Hibah Insentif Desa (HID) dan Hibah Khusus Pamsimas (HKP) yang tahun ini baru akan diikuti.

Selain itu, Pamsimas di Parigi Moutong juga memiliki kaitan dengan pelaksanaan Hibah Air Minum Pedesaan atau HAMP yang sudah berjalan sejak 2018-2020.

Bahkan, upaya penurunan angka Stunting di Parigi Moutong juga dianggap memiliki kaitan dengan pelaksanaan program Pamsimas.

Demikian diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Parigi Moutong, H. Ardi Kadir, S.Pd, MM saat membacakan sambutan Bupati pada pembukaan sosialisasi program Pamsimas III tahun anggaran 2021 yang dilaksanakan Bappelitbangda dan diikuti para Kepala Desa penerima belum lama ini.

Ardi menjelaskan, khusus pelaksanaan program HID dan HKP tersebut diperuntukan bagi desa-desa yang telah mengikuti program Pamsimas di tahun sebelumnya.

Saat ini, kata dia, terdapat sembilan desa HID dan enam desa HKP yang masih sementara proses penyelesaian kegiatan.

Khusus pelaksanaan program HAMP telah disalurkan bantuan meteran air sebanyak 3.178 sambungan rumah (SR) dengan jumlah SR yang diusulkan sebanyak 500, yang terealisasi di tiga desa.

Pada 2019 lalu, telah ditetapkan sebanyak 785 SR dengan total anggaran senilai Rp 1.570.000.000,- yang tersebar di empat desa.

“Sedangkan di tahun 2020, sebanyak 1.893 SR yang telah ditetapkan dan tersebar di sembilan desa sasaran,” ujarnya.

Menurutnya, program Pamsimas juga mendukung penurunan angka stunting dari aspek air minum dan sanitasi di Parigi Moutong.

Pada 2021, kata Ardi, di Kabupaten Parigi Moutong ada beberapa desa yang masuk dalam daftar desa stunting, yang akan diintervensi melalui program Pamsimas.

Khusus perencanaannya, akan diusulkan melalui program Pamsimas reguler sebanyak dua desa, HKP enam desa, HAMP satu desa, serta ada beberapa desa yang sudah diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Harapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong bahwa program Pamsimas dapat membawa dampak positif terhadap desa-desa maupun calon-calon desa penerima nantinya,” harapnya. (rlm/fma)

Laporan : Roy L. Mardani

Silakan komentar Anda Disini….