Tiga Kali Putaran Debat Pilkada Palu 2020, Penanganan Covid-19 Jadi Prioritas

Ketua KPU Palu, Agus Salim Wahid (Paling kanan) ketika menghadiri acara talkshow Podcast ini Palu, di Hotel Best Western Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (26/10/2020). (Foto: Adi pranata/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Penanganan pandemi Covid-19 menjadi pembahasan utama dalam pelaksanaan debat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Palu 2020 yang akan memasuki putaran pertama pada, Selasa (27/10/2020).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Agus Salim Wahid menuturkan ada 6 tema dalam 3 kali putaran debat nantinya. Selama putaran itu, 4 kandidat pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota diminta secara spesifik memaparkan strategi kebijakan penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19.

“Selama tiga kali debat ini selalu disertakan terkait dengan materi penanganan Covid-19,” jelasnya dalam acara Podcast ini Palu, Senin (26/10/2020).

Dikatakan Agus untuk pertanyaan yang diajukan dalam debat nanti telah disusun oleh akademisi ataupun tim pakar bentukan KPU. Pertanyaan yang dikumpulkan kata dia juga merupakan hasil diskusi yang telah melibatkan partisipasi publik.

Sementara itu Agus menyebutkan, pada debat perdana nanti akan disediakan waktu selama 120 menit yang dibagi menjadi 4 segmen. Adapun segmen pertama para pasangan calon diminta untuk secara mendalam memaparkan Visi-misi dalam pilkada.

Selanjutnya para kandidat akan diminta membahas tema yang telah disediakan dalam debat. Selain itu pada segmen ketiga para paslon juga dipersilahkan untuk saling melempar pertanyaan, serta segmen terakhir memberikan closing statement

“Segmen ini kita sudah sampaikan kepada pasangan calon. Sehingga mereka siap mengikuti pelaksanaan debat,” tandasnya.

Demikian Agus berharap, pelaksanaan debat perdana oleh KPU bisa berjalan secara profesional dan penyelenggara tetap mengedepankan indepedensi.  (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini….