Debat Perdana Pilkada Sigi Diharapkan Jadi Referensi Warga Dalam Memilih

Suasana debat terbuka perdana kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati yang digelar oleh KPU Sigi di Desa Kalora, Kecamatan Kinovaro, Kamis (29/10/2020). (Foto: Mohammad Sobirin/KabarSelebes.id)

SIGI, Kabar Selebes – Dua Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sigi Periode 2020-2024, resmi menyelesaikan debat publik terbuka putaran pertama, yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Salah satu Cafe di Desa Kalora, Kecamatan Kinovaro, Rabu (29/10/2020) sore.

Mengangkat tema ‘Meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat serta strategi penanganan Covid-19’, sebelum debat berjalan, para kandidat dipersilahkan mengambil amplop yang bertuliskan angka serta pertanyaan di dalamnya.

Pasang nomor urut 01 Muhamad Irwan-Samuel Yansen Pongi memperoleh amplop dengan nomor 7 dan 4. Sementara Paslon nomor urut 02, Husen Habibu-Pulina memperoleh nomor 5 dan 2.

Dipandu Dr. Nur Sangadji, debat berlangsung dengan menerapkan protokol Kesehatan, yang mana dilakukan pembatasan akses publik dalam ruangan debat.

Yang hadir dalam ruangan sangat dibatasi. Selain dua Paslon, yang hadir hanya ketua tim sukses, Bawaslu, petugas penghubung Paslon, dan insan pers. Hal itu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam prosesnya, debat berlangsung dengan enam segmen, diawali dengan penyampaian visi dan misi dari masing-masing Paslon, hingga saling  bertanya antar kandidat.

Sebelumnya Ketua KPU Sigi, Hairil, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, sehingga kegiatan berjalan dengan baik.

Diharapkan, debat ini dapat menjadi referensi bagi masyarakat untuk menentukan pilihan melalui pemaparan visi misi serta gagasan yang disampaikan oleh para kandidat.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi referensi masyarakat, sehingga dapat menentukan pilihan. Selain dengan berbagai macam kegiatan kampanye lainnya yang diberikan kepada kandidat,” harapnya. (sob/ap/fma)

Laporan: Mohammad Sobirin

Silakan komentar Anda Disini….