Cegah Penularan Covid-19, Disperdagin Palu: Pedagang dan Pembeli Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Suasana pasar ikan di Palu,(f-Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Cegah penularan Covid-19, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Palu mengimbau para pedagang maupun pembeli, baik di Pasar Tradisional atau Pasar Moderen untuk tetap wajib mematuhi penerapan protokol kesehatan.

Demikian diungkapkan Kepala Disperdagin Kota Palu, Syamsul Saifudin kepada KabarSelebes.id belum lama ini.

“Pasar moderen harus melakukan pembatasan antar pembeli di dalam toko, sehingga jaga jarak dan kerumunan di kasir bisa diminimalisir,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut harus tetap dilakukan agar tidak terjadi penularan virus corona.

Mengingat beberapa waktu lalu, di Pasar Moderen ada karyawan yang terpapar virus corona.

Mendapatkan informasi itu, kata dia, pihaknya langsung bertindak tegas dengan melibatkan petugas kesehatan dan Kepolisian melakukan penanganan.

“Yang kita tracing sebanyak 180 orang, baik karyawan maupun SPG barang-barang yang ada di tempat tersebut. Seluruhnya non reaktif dari hasil rapid yang dilakukan Satgas,” katanya.

Ia menekankan, Satgas bersama Puskesmas terdekat tetap melakukan pemantauan tehadap hasil tersebut setiap saat.

Selain itu, telah dilakukan penyemprotan di daerah yang dianggap berbahaya terhadap penyebaran virus corona.

Ia berharap kepada masyarakat Kota Palu untuk tetap waspada terhadap penyebaran virus corona, terutama di Pasar Tradisional.

Pedagang dan konsumen yang melakukan transaksi, kata dia, harus menggunakan masker, selalu menjaga jarak dan sering mencuci tangan menggunakan sabun.

“Petugas pasar harus selalu memantau, mengingatkan, kepada pedagang pasar untuk selalu memakai masker. Jika ada pedagang tidak menggunakan masker akan diberikan sanksi, sehingga tidak ada tranmisi lokal penyebaran virus, baik di Pasar Tradisional maupun Pasar Moderen,” tandasnya. (rkb/rlm/fma)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….