Hasil Survey Elektabilitas Calon Gubernur/Wakil Gubernur Sulteng Versi Poltracking Indonesia

Poltrackin Indonesia saat menggelar konfrensi pers terkait hasil survei calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng di salah satu hotel di Kota Palu. (Foto : Istimewa)

PALU, Kabar Selebes – Hasil survei elektabilitas calon Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) versi Poltracking Indonesia menunjukan pasangan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir lebih unggul dari Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala.

Dari hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia pada 20-24 Oktober 2020 lalu, elektabilitas pasangan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir 56,8 persen lebih unggul dari Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala yang hanya 25,0 persen.

Survei yang dilakukan Poltracking Indonesia tersebut dengan mengadakan metode Stratified Multistage Randowm Sampling.

“Survei ini menunjukkan bahwa berdasarkan pertanyaan dengan simulasi surat suara, elektabilitas pasangan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir (56,8%) lebih unggul dari pasangan Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala (25,0%),” jelas Faisal Arief Kamil selaku peneliti lembaga survei Poltracking Indonesia saat memberikan penjelasannya dalam konfrensi pers yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu pada Senin (2/11/2020).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari hasil survei tersebut menemukan bahwa dalam pertanyaan kandidat tunggal Gubernur atau tidak berpasangan, Rusdy Mastura (55.0%) lebih unggul dari Hidayat Lamakarate (24.0%) dengan merahasiakan jawaban (6.9%) dan Undecited Voters (14.1%).

Begitu pula dengan elektabilitas kandidat tunggal Wakil Gubernur, tingkat elektabilitas Ma’mun Amir (51.5%) lebih unggul dari Bartholomeus Tandigala (20.5%) dengan merahasiakan jawaban (8.4%) dan Undecited Voters (19.4%).

Selain itu, berdasarkan basis politik pemilih, dalam survei tersebut menunjukan konsisten peta persebaran suara pemilih berdasarkan basis politiknya.

“Pasangan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir yang diusulkan oleh bayak partai memiliki soliditas pemilih yang tinggi, partai Nasdem (85.8%), Golkar (64.8%), Demokrat (65.0%), PKB (60.6%), PAN (68.8%), PKS (47.2%), Hanura (60.0%) dan Perindo (57.1%), kecuali pada pemilih PPP (16.3%),” sebutnya.

Pemilih partai Gerindra & PDIP yang notabenenya menjadi dua partai pengusung utama kandidat Hidayat Lamakarate-Bhartolomeus Tandigala, kata dia, terlihat solid dengan memilih pasangan tersebut 60.7 persen dan 51.9 persen.

Temuan tersebut merupakan potret terbaru peta kekuatan elektoral masing-masing pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng dalam rentang survey sejak 20-24 Oktober 2020. (iz/fma)

Laporan : Indrawati (Liputan Fellowship)

Silakan komentar Anda Disini….