Kecelakaan Laut di Perairan Pulau Sonit, Empat Korban Belum Ditemukan

Petugas Tim Gabungan Sar melakukan pencarian di antara perairan Pulau Sonit dan Kaswari, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Selasa (3/11/2020). (Foto: Humas Polda Sulteng).

PALU, Kabar Selebes – Memasuki hari kedua pencarian korban kecelakaan Kapal Speed Boat yang ditumpangi rombongan Pasangan calon (Paslon) Kepala Daerah Banggai Laut di antara perairan Pulau Sonit dan Kaswari, Kecamatan Bokan Kepulauan belum membuahkan hasil.

Berdasarkan keterangan Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kota Palu, Andrias Hendrik Johannes, hingga Selasa (3/11/2020) sore pencarian terhadap dua warga sipil dan dua oknum anggota Polri yang masih hilang akibat terbawa arus masih nihil.

Dijelaskan Tim Sar Gabungan saat tiba di lokasi membagi dua tim melakukan pencarian di search area secara paralel sesuai dengan Renops.

Masing- masing untuk Tim Sar satu menggunakan KN SAR Bisma milik KPP Palu melakukan pencarian dari bagian selatan menuju Utara Perairan Pulau Sonit sesuai Renops -+12 Nm dan tim dua menggunakan speed Boat BPBD Banggai Laut melakukan pencarian di pesisir pantai Sonit.

“Hasil operasi hingga sore ini masih nihil, akan dilanjutkan esok hari. Namun satu Tim Gabungan Sar Bisma kembali ke dermaga Banggai Laut karena sesuai dengan SAR MAP,target mengarah Kepulauan Bangai Laut dan arus laut dari BMKG dari Tenggara ke Barat Laut,” jelasnya.

Andrias menyebutkan, akibat kecelakaan itu terdapat 11 korban dan saat ini masih terus dilakukan upaya pencarian sebanyak empat orang yakni Ilham dan Taqwa  (anggota Polri), Asis Pataboga, dan Robert Lakis.

Sementara yang terdata terdapat empat warga yang berhasil diselamatkan, masing-masing Rusly Banun (Cabup) Syamsu Lambelu, Lambri, dan Haji Basri.

Sedangkan yang ditemukan meninggal dunia dan berhasil di evakuasi ada tiga orang yakni Asgar Badalia (Cawabup), Ahmad Yusuf, serta Nursan (kernet).

Terpisah, Kepala Sub Seksi Kesiagaan BPBD Banggai Laut, Aksar Amir melalui telepon mengungkapkan, pencarian dilakukan dengan membagi 2 tim, yakni yang fokus di sekitar penemuan korban hari pertama antara Desa Kasuari dan Desa Sonit, sedangkan tim lainnya menyisir perairan dekat pesisir.

Menurut Amir, berdasarkan laporan masih ada 4 korban lain yang belum ditemukan sejak kecelakaan speedboat yang menimpa rombongan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut terjadi pada Senin pagi (2/11/2020) kemarin.

“Total ada 11 orang dalam speedboat yang kecelakaan itu 4 orang belum ditemukan,” katanya.

Selain melibatkan petugas gabungan dari SAR, BPBD, TNI, dan polisi, masyarakat sekitar lokasi juga ikut melakukan pencarian. (maf/ap/fma)

Laporan : Mohammad. Arief

Silakan komentar Anda Disini....