Sakinah Aljufri: Dunia Pendidikan Diera Pandemi Covid-19 Memprihatinkan

Anggota Komisi X DPR RI, Hj. Sakinah Aljufri saat melakukan dialog terbuka di acara podcast, Senin (2/11/2020). (Foto : Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Anggota Komisi X DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah (Sulteng), Hj. Sakinah Aljufri S.Ag melihat pendidikan diera pandemi Covid-19 saat ini cukup memprihatinkan.

“Kenapa saya katakan seperti itu, karena sebelum pandemi saja, Indonesia sudah tercatat di dunia menempati urutan ke-72 tentang dunia pendidikan. Ya, tentunya sudah bisa kita bayangkan indonesia sudah menempati urutan ke berapa diera pandemi saat ini,” ungkap Sakinah saat melakukan dialog terbuka di acara podcast, Senin (2/11/2020).

Ia mengatakan, melihat kondisi seperti itu, kemudian pemerintah mengambil kebijakan dengan menutup seluruh sekolah.

Tujuannya, tentunya untuk mencegah penularan wabah Covid-19, khususnya kluster pendidikan.

Menurutnya, penutupan seluruh sekolah oleh pemerintah bukan tanpa solusi, namun sudah dipikirkan dampak serta cara mengantisipasinya.

Setelah menutup seluruh sekolah, kata dia, kemudian pemerintah memberlakukan sistem pembelajaran dalam jaringan atau daring.

Kebijakan yang diberlakukan itu, merupakan salah satu kebijakan ampuh untuk melakukan pencegahan penularan Covid-19, khususnya dalam dunia pendidikan.

“Meski tidak harus tatap muka dengan para guru, sistem pembelajaran secara daring yang diterapkan pemerintah sejauh ini tetap berjalan dengan baik,” tandasnya. (rkb/rlm/fma)

Laporan : Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….