Pedagang Oleh-oleh Khas Kota Palu Ikut Terdampak Pandemi Covid-19

Anugrah Aneka Tenun dan Batik Bomba, salah satu toko penjualan oleh-oleh khas Palu, di Jalan Mangga, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Rabu (4/11/2020). (Foto: Rifaldi Kalbadjang/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hingga saat ini, membuat sejumlah pelaku usaha juga ikut terdampak. Begitu pula yang dialami pusat perbelanjaan oleh-oleh khas di Kota Palu.

Seperti terlihat pada usaha Anugrah Aneka Tenun dan Batik Bomba di Jalan Mangga, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Rabu (4/11/2020). Diah Kurniati, pemilik usaha tersebut mengeluhkan omset penjualan di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, jumlah produksi dari pengrajin kini telah dibatasi.

Apalagi, lanjut dia, penurunan penjualan cukup drastis kurang lebih mencapai 50 persen.

Guna mengantisipasi hal itu, ia mengaku bersama sang suami mengubah konsep pemasaran dengan cara online.

“Dari pada rugi mending pembelian kain tenun kami kurangi. Intinya yang sesuai keperluan pemesan,” ujarnya

Dijelaskan barang yang ditawarkan ke pelanggan juga sangat bervariasi, mulai dari harga Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta.

Diah juga menambahkan hingga saat ini omset pendapatan dalam penjualan mulai naik perlahan semenjak pemerintah memberlakukan era new normal atau tatanan kehidupan baru.

“Omset yang bisa di dapat akhir-akhir sudah bisa mencapai 50 persen meski dalam situasi pandemi Covid-19,” ujarnya. (rkb/ap/fma)

Laporan: Rifaldi Kalbadjang

Silakan komentar Anda Disini….