Mau Tau Cara Bersepeda di Masa Pandemi Covid-19, Berikut Ini Tipsnya yang Benar dan Manfaatnya

  • Bagikan
Anca bersama rekan-rekannya saat bersepeda yang rutin dilaksanakan setiap harinya. (Foto : Istomewa)

PALU, Kabar Selebes – Tingkat imunitas tubuh yang prima dapat menekan, bahkan mencegah penularan Virus Corona atau Covid-19.

Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh, yakni dengan berolahraga.

Ada tips olahraga yang dilakukan dalam masa pandemi, termasuk berolahraga di luar rumah.

Salah satu olahraga yang trend saat ini adalah bersepeda atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan GOWES, yang sering ditemui di jalan-jalan.

Baik melakukan gowes secara mandiri atau gowes besama teman-temab atau club.

Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, masyarakat diwajibkan untuk mengubah perilaku demi menjaga agar terhindar dari penyebaran Covid-19 atau virus corona.

Selain melakukan protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, meningkatkan daya tahan tubuh pun harus dilakukan.

Dalam hal ini, olahraga bersepeda menjadi pilihan menarik sebab bermanfaat bagi kesehatan serta dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Virus Corona.

Seperti yang dilakukan salah seorang penggiat bersepeda, Ancha bersama rekan-rekannya yang setiap saat meluangkan waktu untuk bersepeda.

Setiap kali bersepeda Anca bersama rekan-rekannya tetap menerapkan protokol kesehatan  dengan menggunakan face shields  agar terlindung dari penyebaran Virus Corona.

Menurut Anca, dengan rutin bersepada, selain dapat menjaga kebugaran tubuh, juga membuat fikiran lebih fresh.

Namun, harus tetap menerapkan protokol kesehatan, dan setelah bersepeda agar tak lupa mencuci tangan.

Bersepeda memang mengasyikkan, selain sebagai alat untuk berekreasi, bersepeda juga membuat tubuh lebih bergerak aktif.

Sebagaimana diketahui, tubuh yang aktif adalah salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan.

Dengan melakukan minimal 2,5 jam seminggu atau 30 menit setiap hari secara rutin, memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Nah, berikut manfaatnya seperti dikutip dari alodokter.com :

1.menguatkan jantung

Bersepeda termasuk olahraga kardio, dikategorikan demikian karena dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah akan meningkat.

Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Menurunnya kadar kolesterol jahat akan mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah, otot jantung yang biasa terlatih akan lebih efektif, sehingga proses mengantarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh semakin optimal.

Semakin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular, makin rendah risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. menguatkan otot.

Berapa banyak anggota tubuh dan otot yang terlibat saat kita bersepeda? Tentu hampir semuanya.

Maka jika dilakukan secara rutin, otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

3. Merawat sendi.

Selain otot, sendi-sendi pada lengan dan tungkai juga ikut aktif seperti sikut, lutut, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan adalah beberapa sendi yang otomatis bekerja saat bersepeda. Pergerakan yang baik pada persendian akan membuatnya semakin fleksibel.

4. Menjaga berat badan.

Berkat bersepeda, kinerja kardiovaskular dan otot menjadi kian optimal, salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik, dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.

Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

5. Menurunkan tingkat stres.

Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin yang memicu rasa nyaman dan suasana hati menjadi positif.

Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit, timbulnya rasa nyaman dalam tubuh tentu saja akan mengurangi beban yang menggelayuti pikiran.

Ditambah dengan pemandangan yang dapat dinikmati saat bersepeda, maka penurunan tingkat stres dalam tubuh akan semakin terasa.

6. Menurunkan risiko penyakit-penyakit lain.

Aktivitas fisik yang rutin melalui bersepeda, baik untuk kesehatan tubuh secara umum, salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif adalah minimnya resiko terkena diabetes.

Hal ini terkait dengan stabilnya produksi insulin oleh tubuh yang aktif.

Bersepeda juga bisa memperkecil risiko terkena kanker terutama kanker usus besar. (iz/fma)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan