Kunker ke Palu, Doni Monardo Minta Warga Patuhi Larangan Membangun di Kawasan Zona Merah

Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo

PALU, Kabar Selebes – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letnan jenderal (Letjen) TNI Doni Monardo meminta masyarakat daerah Kota Palu untuk mematuhi aturan larangan membangun di daerah yang sudah diputuskan sebagai zona merah.

“Ini tolong sekali lagi itu dipatuhi,” katanya saat meninjau progres pembangunan Hunian Tetap (Huntap) oleh yayasan Budha Tzu Chi di Kelurahan Tondo, Kota Palu, bersama sejumlah rombongan, Selasa (10/11/2020).

Doni yang turut didampingi oleh Wakil Gubernur Sulteng, Rusli Dg. Pallabbi serta Pejabat Forkopimda daerah setempat menyatakan, alasan tak mengizinkan pembangunan di Zona merah sudah jelas dan sesuai dengan apa yang diputuskan.

Apalagi kata dia yang memutuskan hal tersebut bukan sembarangan orang. Banyak tim ahli kata dia perpengalaman di bidangnya yang terlibat dalam memutuskan lokasi zona merah.

“Ketika mereka sudah memutuskan daerah zona merah ini, kita harus turuti. Jangan sampai terulang lagi seperti di tahun 1970, profesor katili mengatakan jangan jadikan Palu sebagai Ibu kota Provinsi,” katanya.

“Dan Ternayata kan tidak bisa dihindari, akibatnya seperti yang kita rasakan sekarang,” imbuhnya.

Lanjut kata dia, masukan-masukan para ahli berpengalaman akan dijadikan referensi dalam menyusun rencana kerja pembangunan yang akan datang.

Untuk itu masyarakat diharapkan senantiasa mematuhi aturan yang telah ditetapkan, agar bencana 2 tahun lalu yang memakan banyak korban tidak lagi berulang.

“Kami sekali lagi bermohon kepada masyarakat dan tentunya didukung oleh tokoh-tokoh agama untuk bisa mengajak masyarakat. Ikuti apa yang sudah dikatakan para pakar,” harapnya.  (ap/fma)

Laporan: Adi Pranata.

Silakan komentar Anda Disini….